Nyaris Dikalahkan Swiss, Jerman Gunakan Rencana Darurat?

Nyaris Dikalahkan Swiss, Jerman Gunakan Rencana Darurat?


Rencana darurat Kesebelasan nasional Jerman di Euro 2024 disebut terungkap setelah nyaris kalah dari Swiss di Duel ketiga Grup A, Senin (24/6) dini hari WIB di Frankfurt Arena, Frankfurt, Jerman.

Jerman dan Swiss bermain imbang 1-1. Striker pengganti Niclas Fullkrug jadi penyelamat setelah mencetak gol penyeimbang Der Panzer di masa injury time, tepatnya menit ke-90+2. Swiss sendiri Istimewa lebih dulu lewat gol Dan Ndoye pada menit ke-28.

Jerman tetap lolos ke Putaran sistem gugur Euro 2024 sebagai pemuncak Grup A dengan koleksi 7 Skor dari 3 Liga, Swiss sendiri melaju dengan status runner-up dengan mengumpulkan 5 Skor.


Sundulan Füllkrug menyambut umpan silang David Raum menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Fullkrug sendiri masuk menggantikan Jamal Musiala pada menit ke-76 saat Jerman dalam posisi tertinggal. Fullkrug boleh disebut sebagai Plan B saat Jerman mulai buntu.

Menjelang Euro 2024, Manajer Kesebelasan nasional Jerman Julian Nagelsmann mengatakan Ia memiliki “rencana darurat” yang siap digunakan ketika Jerman berada dalam masalah. Melihat situasi saat lawan Swiss, rencana darurat itu boleh jadi Sudah dilakukan.

Berbeda dengan, Nagelsmann menyebut bahwa Fullkrug hanya melakukan apa yang diharapkan darinya sebagai seorang striker saat timnya ketinggalan. “Saya tidak menggunakan rencana [darurat] ini,” kata Nagelsmann dalam konferensi pers pasca Duel, seperti dilansir ESPN.

“Peserta pengganti kami cukup jelas dan kami mencetak gol penyeimbang. Kami ingin memainkan umpan silang seperti itu,” imbuhnya.

Ketika memasukkan beberapa Peserta saat tertinggal dari Swiss, Nagelsmann mengaku mengambil risiko. Tapi, menurut Ia, timnya tidak mendapatkan apa pun Manakala tidak mengambil risiko.

“Ini Merupakan saat-saat yang Sungguh-sungguh kami butuhkan dan Ia (Fullkrug) memberikannya, tapi Ia membuat argumen yang bagus untuk menjadi starter dan keluar dari bangku cadangan. Itu Sungguh-sungguh nasib baik dan buruk baginya,” terang Nagelsmann.

Meski Jerman mendominasi penguasaan bola, Duel ini berlangsung sengit dan pada satu titik tampak siap untuk berubah menjadi kejutan dari Swiss, sebelum gol yang dianulir.

“Akhirnya, ini Merupakan Skor yang memang layak didapatkan,” ucap Nagelsmann.

“Sudah Tak perlu ditanyakan lagi saja, saat melakukan serangan balik, kami mengambil risiko dan bisa kebobolan. Kami melakukannya dengan baik untuk kembali. Kami pantas menyamakan kedudukan. Swiss Merupakan lawan yang Fantastis, ini Merupakan Duel yang menghibur. Kami melakukannya dengan baik, secara Strategi,” terangnya.

(wiw/ptr)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Nyaris Dikalahkan Swiss, Jerman Gunakan Rencana Darurat?