Paksu Harus Tahu! Ini 5 Makanan yang Bisa Bikin Hormon Testosteron ‘Anjlok’

Paksu Harus Tahu! Ini 5 Makanan yang Bisa Bikin Hormon Testosteron ‘Anjlok’

Jakarta

Testosteron Merupakan hormon yang identik dengan pria. Kendati demikian, wanita Bahkan memiliki hormon ini meski dalam jumlah yang tidak Berlebihan.

Hormon ini memiliki beragam fungsi, mulai dari Memanfaatkan massa otot, mendistribusikan lemak, memproduksi sel darah merah, Sampai sekarang mengatur fertilitas. Testosteron Bahkan menjadi salah satu hormon yang bertanggung jawab atas libido dan gairah seksual.

Hormon testosteron dapat menurun seiring pertambahan usia. Sekalipun, ada Bahkan Sebanyaknya faktor lain yang bisa membuat kadar hormon ini anjlok sejak usia muda. Salah satunya Merupakan kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu.


Lantas, apa saja makanan yang bisa menurunkan kadar hormon testosteron dalam tubuh? Dikutip dari Ro, berikut daftarnya.

1. Minuman manis

Sesekali minum minuman manis memang tidak masalah. Tapi Manakala hal ini sering dilakukan, maka bisa berdampak buruk terhadap kadar testosteron dalam tubuh.

Minuman manis cenderung mengandung gula yang sangat tinggi. Konsumsi gula yang berlebihan dapat Memanfaatkan risiko seseorang mengalami hipogonadisme, yaitu kondisi ketika gonad (kelenjar seks) tidak menghasilkan cukup testosteron.

Apalagi, gula Bahkan dikaitkan dengan obesitas. Obesitas sendiri dapat memicu peradangan yang berdampak negatif terhadap sel-sel yang memproduksi hormon testosteron.

2. Makanan yang mengandung lemak tertentu

Makanan yang banyak mengandung lemak tertentu Bahkan dapat ‘membunuh’ hormon testosteron.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menemukan konsumsi lemak trans dapat menurunkan kadar testosteron. Lebih lanjut, studi itu Bahkan menyebut konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat memicu peradangan sistemik yang berdampak negatif terhadap produksi testosteron.

Selain lemak trans, asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid/PUFA) yang terkandung pada minyak jagung, kedelai, atau kanola Bahkan dapat memengaruhi produksi testosteron. PUFA biasanya dianggap sebagai ‘lemak baik’, tetapi dalam jumlah tinggi, lemak ini dapat menurunkan produksi testosteron dalam tubuh.

3. Minuman beralkohol

Mengonsumsi Berlebihan minuman beralkohol dapat berdampak buruk bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk menurunkan kadar testosteron.

Alkohol dapat memicu peradangan, sehingga menyulitkan sel-sel penghasil testosteron untuk berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, alkohol dapat mengganggu aktivitas hipotalamus-pituitary-adrenal (HPA), yaitu jalur yang menghubungkan otak dan sistem endokrin.

4. Biji rami

Biji rami atau flaxseed sering disebut sebagai makanan yang menyehatkan. Sekalipun, biji rami Bahkan dapat menurunkan hormon testosteron, terutama bagi orang yang Sebelumnya memiliki kadar testosteron rendah.

Pasalnya, biji rami mengandung lignan yang tinggi. Lignan Merupakan senyawa pada tanaman yang dapat Memanfaatkan ekskresi atau pembuangan testosteron dari dalam tubuh. Lignan Bahkan dapat Memanfaatkan kadar globulin pengikat hormon seks (sex hormone-binding globulin/SHBG), yang membuat jumlah hormon testosteron bebas atau aktif berkurang.

5. Karbohidrat olahan

Makanan lain yang dapat menurunkan kadar testosteron Merupakan karbohidrat olahan seperti roti tawar, kue kering, dan kue yang dipanggang. Harus penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kaitan antara karbohidrat olahan dan testosteron, Sekalipun hal ini diduga terkait dengan sifat peradangan dari makanan tersebut.

Asupan karbohidrat olahan yang tinggi Bahkan dapat menyebabkan obesitas, yang kemudian dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Paksu Harus Tahu! Ini 5 Makanan yang Bisa Bikin Hormon Testosteron ‘Anjlok’