Paru-paru Menghitam Kena Paparan Asap Rokok, Gimana Biar ‘Bersih’ Lagi?

Paru-paru Menghitam Kena Paparan Asap Rokok, Gimana Biar ‘Bersih’ Lagi?


Jakarta

Banyak hal yang bisa menyebabkan paru-paru kotor, seperti polusi Sampai saat ini asap rokok. Tak jarang, pada orang yang merokok atau terpapar asap rokok yang menjalani pemeriksaan paru melihat kondisi organ tersebut sedikit menghitam.

Manakala itu terjadi, bagaimana caranya Supaya bisa paru-paru bisa kembali bersih?

Dokter spesialis paru dr Nina Eristina, SpP, mengatakan salah satu Perawatan atau detoks Unggul bagi seorang perokok Merupakan berhenti merokok. Itu Bahkan berlaku bagi perokok pasif untuk menghindari paparan asap rokok.


“Tipsnya itu berhenti merokok dan menjauhi paparan asap rokok. Asap rokok dari orang lain Bahkan sama seperti orang yang merokok dampaknya,” ungkap dr Nina dalam webinar daring, Rabu (19/6/2024),

“Nanti, parunya itu Ia Nanti akan healing perlahan-lahan, dibantu dengan Olahraga, Serta pola Kebiasaan Sehat, seperti makanan gizi seimbang. Menurut beberapa penelitian yang masih kecil, makanan mengandung antioksidan tinggi itu bisa Mendukung memperbaiki paru-paru,” terangnya.



ADVERTISEMENT

Senada dengan itu, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dr Sitti Nurun Hikmah, MKes, SpKFR, Bahkan menekankan pentingnya makanan sehat dan bergizi yang kaya Nanti akan antioksidan untuk paru-paru.

Ia menjelaskan makanan-makanan yang mengandung antioksidan ini bisa Mendukung mengurangi oksidan-oksidan yang ada di paru-paru, seperti polusi dan asap rokok. Ini dilakukan Supaya bisa paru-paru kembali sehat.

Ditambah lagi dengan, dr Nurun Bahkan menekankan pentingnya menghidrasi tubuh bagi kesehatan paru-paru.

“Hidrasi Sangat dianjurkan cukup, kebutuhan cairan tidak hanya untuk metabolisme paru-paru, sebetulnya untuk metabolisme keseluruhan. Jadi, kebutuhan cairan Sangat dianjurkan cukup, itu Bahkan bisa Mendukung sebagai humidifier atau kelembapan saluran napas Serta untuk mengencerkan dahak, supaya bisa keluar,” jelas dr Nurun.

“Ditambah lagi dengan, latihan-latihan pernapasan, kebugaran kardiorespirasi, itu bisa kita lakukan di rumah,” pungkasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Paru-paru Menghitam Kena Paparan Asap Rokok, Gimana Biar ‘Bersih’ Lagi?