Bisnis  

Pejabat Eselon I Bappenas Terima Bantuan Kemensos

Pejabat Eselon I Bappenas Terima Bantuan Kemensos


Pembantu Presiden Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa heran pejabat eselon I di kementeriannya menerima penyaluran bantuan sosial (Bantuan Kemensos) dari pemerintah.

Ia menemukan Di waktu ini penyaluran Bantuan Kemensos memang banyak yang tak tepat sasaran. Justru menurutnya, Bantuan Kemensos yang diterima para anak buahnya Pada intinya diberikan kembali kepada yang lebih membutuhkan.

“Eselon I di Bappenas itu bisa menerima Bantuan Kemensos, kan aneh. Sampai Hari Ini masih terima saya kira. Dan Ia berikan kepada yang lebih berhak,” ungkap Suharso dalam acara Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi) di Jakarta, Kamis (20/6), melansir detikfinance.


Mulanya, Suharso menekankan pentingnya pemanfaatan sistem data Regsosek demi mewujudkan satu data Ke arah Indonesia Emas 2024. Ia mengungkap data Regsosek Berencana Membantu pemerintah menemukan strategi yang baik dalam perencanaan pembangunan nasional.

“Kita memang Sangat dianjurkan menemukan strategi tepat untuk merencanakan dengan baik. Penyaluran program-program pemerintah yang didanai belanja sosial, Bantuan Pemerintah kita, jatuh kepada orang yang tepat. Seperti tadi bagaimana kita mengurangi atau meniadakan exclusion dan inclusion error,” jelasnya.

Melalui Regsosek, Suharso berharap basis penerima manfaat sosial bisa lebih tepat sasaran. Dengan begitu, alokasi dana yang berasal dari APBN menjadi efektif.

“Diharapkan dapat memperbaiki basis penerima manfaat atas belanja-belanja sosial yang dialokasikan dalam APBN,” lanjutnya.

Ditambah lagi dengan, lewat data Regsosek, harapannya angka Kesenjangan Ekonomi ekstrem dan Kesenjangan Ekonomi pada umumnya bisa teratasi.

Sebagai informasi, Regsosek Merupakan data yang memiliki informasi sosial ekonomi hampir 100 persen penduduk Indonesia. Melalui Regsosek, kementerian/lembaga dapat Mengoptimalkan efisiensi pengelolaan data melalui sistem bersama, sekaligus mendorong peningkatan akurasi sasaran program pemerintah.

(del/agt)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pejabat Eselon I Bappenas Terima Bantuan Kemensos