Pengguna Jalan Tol Nirsentuh Harus Daftar, Aplikasi Cantas Belum Ada

Pengguna Jalan Tol Nirsentuh Harus Daftar, Aplikasi Cantas Belum Ada


Aplikasi Cantas untuk penunjang layanan pembayaran jalan tol nontunai tanpa sentuh alias Multi Lane Free Flow (MLFF) sejauh ini belum bisa diunduh karena tak tersedia di toko aplikasi baik PlayStore maupun AppStore.

Indonesia segera menerapkan MLFF yang merupakan pengembangan dari sistem transaksi pembayaran jalan tol Pada Saat ini Bahkan Dikenal sebagai tapping kartu uang elektronik. Penerapan MLFF Pernah berlangsung diatur dalam regulasi baru yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol.

Dalam beleid tersebut masyarakat yang ingin menggunakan infrastruktur jalan tol Harus mendaftar ke aplikasi atau Berencana dikenakan Pembatasan berupa denda.

Pada Pasal 105 ayat 2 di regulasi tersebut diatur ‘pada saat sistem teknologi nontunai nirsentuh nirhenti Sudah diterapkan, Pengguna Jalan Tol Harus mendaftarkan kendaraan bermotor yang digunakannya melalui aplikasi sistem teknologi nontunai nirsentuh nirhenti yang disetujui Pembantu Presiden‘.

Merujuk pada pantauan CNNIndonesia.com pada Jumat (31/5) pagi, aplikasi Cantas belum ada di toko aplikasi milik Google yaitu PlayStore. Kondisi serupa Bahkan terjadi di toko aplikasi Apple, AppStore. Mengapa demikian?

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyebut aplikasi Cantas masih dalam pengembangan. Ia menyebut Cantas masih Harus diuji coba dan belum selesai prosesnya.

“Aplikasinya Kenyataannya Pernah berlangsung ada namanya Cantas, cuma nanti kita Harus sesuaikan dengan pengembangan. Belum masuk Apps store atau Playstore karena kita Berencana uji coba dulu. Ini kan belum selesai uji cobanya,” kata Ia di Jakarta, Selasa (28/5).

Cantas, kata Ia, ditargetkan Berencana rampung pada tahun ini dan bakal diterapkan secara bertahap mulai akhir 2024. 

“Akhir tahun ini kita rapatin kita Pernah berlangsung mulai terapkan,” kata Ia.

MLFF sendiri rencananya Berencana diterapkan secara bertahap di Indonesia mulai Oktober 2024. Penerapan awalnya berupa Single Lane Free Flow (SLFF) di Tol Mandara Bali, Seiring berjalannya waktu implementasi menyeluruh di Indonesia bakal terjadi mulai 2027.

(can/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pengguna Jalan Tol Nirsentuh Harus Daftar, Aplikasi Cantas Belum Ada