Bisnis  

Penjualan Lahan Industri Melonjak Imbas Penanaman Modal Motor Listrik

Penjualan Lahan Industri Melonjak Imbas Penanaman Modal Motor Listrik


Jakarta, CNN Indonesia

Perusahaan jasa lahan Cushman & Wakefield Indonesia atau CWI mencatat penjualan lahan industri di Jabodetabek pada kuartal II-2024 melonjak.

Lonjakan tersebut didorong oleh permintaan dari industri otomotif, khususnya yang terkait dengan pabrik Motor Listrik atau electric vehicle (EV).

Direktur Strategic Consulting CWI Arief Rahardjo menyebut total transaksi penjualan tanah industri selama kuartal II-2024 tercatat 182,90 hektare (ha), meningkat 184 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, total transaksi penjualan tanah yang tercatat Sampai sekarang semester I-2024 mencapai 247 ha dan diperkirakan Berniat terus bertambah Sampai sekarang akhir tahun. Hal ini didorong oleh banyaknya permintaan aktif dari perusahaan asing yang berencana mendirikan pabrik di Tanah Air.

“Sektor otomotif yang terkait Motor Listrik mendominasi penjualan sekitar 70 persen dari keseluruhan transaksi lahan pada semester pertama tahun 2024,” ujar Ia dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (25/7), melansir Antara.

Hal tersebut menunjukkan tren pertumbuhan Usaha industri Motor Listrik di Indonesia.

Arief menambahkan pasokan lahan industri di wilayah Jabodetabek tetap sama seperti kuartal sebelumnya, Disebut juga sebesar 16.628 ha. Sebab, tak ada pasokan lahan industri baru yang masuk ke pasar selama kuartal II-2024.

Ia menjelaskan kawasan industri tetap fokus mempromosikan pasokan lahan yang Sebelumnya ada kepada pembeli potensial. Ekspansi pasokan lahan industri di masa mendatang diperkirakan Berniat berasal dari kawasan industri di sepanjang koridor timur, seperti Bekasi, Karawang, dan Subang.

Sementara, tingkat okupansi rata-rata gudang yang disewa di area Jabodetabek pada Juni 2024 turun 0,10 persen dibandingkan kuartal sebelumnya menjadi 86,20 persen.

Kendati demikian, pasar pergudangan tetap kompetitif dengan terus bertambahnya pasokan baru. Pola permintaan diperkirakan Berniat tetap serupa, dengan permintaan utama berasal dari sektor otomotif dan logistik yang didorong oleh aktivitas Belanja Online.

(del/pta)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Penjualan Lahan Industri Melonjak Imbas Penanaman Modal Motor Listrik