Bisnis  

Pertamina Gas Pastikan Operasional Pipa Gas Cisem Sesuai Standar

Pertamina Gas Pastikan Operasional Pipa Gas Cisem Sesuai Standar


Pertamina Gas memastikan bahwa selaku operator pengoperasian pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I Sudah menjalankan standar operasional yang sesuai.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Pertamina Gas, Gamal Imam Santoso merespons pernyataan Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Noor Arifin Mohammad bahwa seluruh pelaku usaha minyak dan gas (migas) Wajib menjadikan aspek keamanan sebagai hal utama.

“Kita sebagai operator Wajib menjalankan pedoman yang Sudah ditetapkan terkait keamanan dan keselamatan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Gamal pada Jumat (31/5).


Adapun kehadiran Noor Arifin itu merupakan kunjungan management walkthrough ke Onshore Receiving Facility (ORF) di Semarang, Jateng. Gamal berharap, kunjungan tersebut dapat Membantu pengoperasian penyaluran gas terhadap masyarakat dan industri.

“Kami siap menerima input dalam Menyajikan pelayanan lebih baik dalam mengoperasikan dan sisi teknis operasi Berniat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang kita harapkan ke depannya,” katanya.

Gamal menambahkan, Pertamina Gas Di waktu ini Bahkan Sudah kembali siap menyalurkan gas, merespons commisioning 100 persen yang dilakukan di Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru beberapa waktu lalu. Produksi Pertamina Gas disebut Pernah berlangsung memenuhi kapasitas sebesar 192 juta MMSCFD.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Noor menegaskan bahwa pelaku usaha migas Wajib memastikan seluruh aspek keamanan dijalankan sesuai standar, mulai taraf riset, operasi, Sampai saat ini monitoring.

“Kita Wajib Setiap Waktu cek dan ricek Bahkan memonitoring secara Tanpa henti-hentinya,” ujar Noor Arifin di Semarang, Jumat (31/5).

Menurut Noor, industri migas Wajib mempersiapkan mitigasi karena ada keadaan-keadaan tertentu yang tidak bisa dihindari dalam operasional.

Apalagi, industri migas Merupakan industri yang memiliki toleransi ketat terkait safety. Salah satu proyek migas yang Sudah menjalankan standar keamanan yang baik, lanjut Noor, Merupakan fasilitas penerimaan gas ORF.

“Kita sangat bersyukur dan bangga, tadi kita lihat di ORF Cirebon-Semarang I berjalan cukup baik,” kata Noor.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pertamina Gas Pastikan Operasional Pipa Gas Cisem Sesuai Standar