Bisnis  

Pertamina NRE Gandeng Masdar, Kembangkan Potensi Energi Terbarukan

Pertamina NRE Gandeng Masdar, Kembangkan Potensi Energi Terbarukan


Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Masdar menandatangani nota kesepahaman tentang pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan angin (PLTB) di Indonesia dan negara lain yang memiliki potensi.

Penandatanganan ini dilakukan CEO Pertamina NRE John Anis dan Direktur Pengembangan dan Penanaman Modal Masdar Abdulla Zayed, disaksikan oleh sederet pejabat penting, termasuk Pembantu Pemimpin Negara Koordinator Kemaritiman dan Penanaman Modal RI Luhut Binsar Panjaitan.

Kemudian, Pembantu Pemimpin Negara Energi dan Infrastruktur Persatuan Emirat Arab (PEA) Suhail Mohammed Faraj Al Mazroui, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM RI Eniya Listiani Dewi.


Selanjutnya Duta Besar PEA untuk Indonesia Abdulla Salem Al Dhaheri, Duta Besar Indonesia untuk PEA Husin Bagis, dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati Bahkan ikut menyaksikan acara ini.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina mendorong kepada seluruh subholdingnya untuk melakukan kerja sama dengan mitra dengan prinsip yang saling menguntungkan.

“Dengan kerja sama ini, Pertamina NRE sebagai ujung tombak pengembangan energi baru terbarukan di Pertamina bisa membuka banyak peluang untuk semakin ekspansif dan go global,” kata Nicke dikutip Rabu (22/5).

CEO Pertamina NRE John Anis mengatakan, berlandaskan kerja sama baik yang Sudah terjalin sebelumnya, pihaknya Akan segera Memperjelas cakupan kerja sama antara kedua belah pihak.

“Kami memiliki kesamaan kompetensi, bisa saling melengkapi dan diharapkan membuka akses yang lebih luas lagi di skala global,” ujar John.

John melanjutkan bahwa dengan kerja sama strategis ini diharapkan menjadi salah satu perwujudan dukungan Pertamina bagi pemerintah guna mencapai target net zero emission di tahun 2060 mendatang.

CEO Masdar Mohamed Jameel Al Ramahi menyatakan komitmen PEA untuk Membantu kemajuan sektor energi di Indonesia, khususnya dalam pengembangan energi terbarukan.

Hal itu, kata Ia, selaras dengan Konsensus PEA dalam COP 28. Di mana Masdar berkomitmen untuk membangun kemitraan yang dapat menghasilkan solusi transformatif untuk menciptakan akses terhadap energi bersih.

Adapun nota Kesepahaman antara Pertamina NRE dan Masdar ini mencakup antara lain melakukan studi kelayakan dalam pengembangan PLTS dan PLTB, serta tidak menutup kemungkinan power to hydrogen.

Bahkan, tidak saja menjajaki potensi di Indonesia tetapi Bahkan negara lain. Nota kesepahaman ini berlaku untuk periode satu tahun.

Pertamina NRE dan Masdar Sudah memiliki hubungan yang baik, di mana Masdar berinvestasi di PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) yang merupakan anak usaha Pertamina NRE.

PEA dan Indonesia memiliki visi yang sama untuk menciptakan Pembangunan Ramah Lingkungan, salah satunya melalui pengembangan energi terbarukan.

Sementara Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, kiprah PNRE dalam pengembangan pembangkit listrik berbasis energi bersih merupakan salah program inisiatif penurunan emisi.

“Inisiatif transisi energi dan upaya penurunan emisi menjadi komitmen Pertamina dalam sustainability energi Di waktu yang akan datang. Hal ini sejalan dengan peran PNRE yang besar dalam energi transisi,” kata Fadjar

Saat ini Bahkan Bahkan Pertamina menerapkan strategi pertumbuhan ganda, yaitu dengan Mengoptimalkan Usaha eksisting dan membangun Usaha rendah karbon, energi yang lebih bersih, berkelanjutan, dan menjadi Usaha masa depan Pertamina.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam Membantu target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Ramah Lingkungan).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini Usaha dan operasi Pertamina.

(inh)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pertamina NRE Gandeng Masdar, Kembangkan Potensi Energi Terbarukan