Berita  

Pilgub Jatim 2024, Pertarungan Khofifah dan Marzuki Mustamar?

Pilgub Jatim 2024, Pertarungan Khofifah dan Marzuki Mustamar?


Dukungan terhadap Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju sebagai kandidat Gubernur Jatim semakin menguat jelang Pemilihan Kepala Daerah 2024

Diusung oleh Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan NasDem, Khofifah punya kans besar untuk kembali maju di Jatim. 

Pada Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2019, Khofifah dan pasangannya, Emil Dardak, menang dengan perolehan 10.465.218 suara atau 53,55 persen.


Khofifah sejauh ini Sebelumnya mengantongi surat rekomendasi dari Golkar dan Demokrat. Kedua partai itu sepakat kembali memasangkan Khofifah dan Emil di Pilgub Jatim.

Usai Menyajikan dukungan, Ketua Umum Partai Golkar Arilangga Hartarto mengungkapkan partai-partai yang tergabung dalam Gabungan Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024 lalu seperti PAN dan Gerindra Berencana segera memberi dukungan terhadap Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

Dukungan dari partai-partai KIM terbilang lumrah mengingat Khofifah, saat Pilpres 2024, aktif bergabung dalam Tim Sosialisasi Politik Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Ditambah lagi Khofifah Bahkan sosok yang punya basis massa kuat di Jatim. Ia Merupakan salah satu tokoh paling lama menjabat Ketua Muslimat NU.

Muslimat NU merupakan salah satu Badan Otonom dari Nahdlatul Ulama. Didirikan di Purwokerto pada 26 Rabiul Akhir 1365 Hijriah bertepatan dengan 29 Maret 1946.

Menurut catatan, Khofifah Sebelumnya menjadi Ketua Umum PP Muslimat NU selama sejak 2000 Sampai sekarang Pada saat ini Bahkan. Hal ini menjadikan dirinya sebagai Ketua Umum terlama kedua setelah Mahmudah Mawardi yang memimpin Muslimat NU selama 29 tahun.

Khofifah Bahkan punya kedekatan dengan banyak tokoh santri dan kiai di pesantren Jatim. Jadi, tak heran Manakala partai-partai berbondong-bondong Mendukung Khofifah. 

PDIP bahkan ikut memberi sinyal untuk Mendukung mantan Pejabat Tinggi Negara Sosial era Joko Widodo itu di Pilgub Jatim. Justru, partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut belum menyatakan dukungannya secara resmi.

Di tengah dominannya sosok Khofifah, ada yang memprediksi Pilgub Jatim Berencana menghadirkan Kejadian Unggul kotak kosong. Ini merujuk pada pertarungan satu paslon dengan kotak kosong karena tidak kandidat lain yang bertarung.

Justru, belakangan ini, nama mantan Ketua PWNU Jatim Marzuki Mustamar alias Kiai Marzuki menguat untuk melawan Khofifah di Pilgub Jatim 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengungkapkan banyak aspirasi masuk dan mendorong KH Marzuki Mustamar untuk maju dalam Pilgub Jatim.

Nama Marzuki muncul setelah survei ARCI yang menunjukkan elektabilitasnya di angka 23,7 persen. Sementara dalam survei tersebut nama Khofifah masih Berkelas di angka 39,2 persen.

Wakil Sekjen PKB Syaiful Huda kemudian kembali memastikan partainya Berencana mengusung Marzuki dan Berencana menjalin Gabungan dengan PKS. Ia mengungkapkan Sebelumnya ada komunikasi dengan PKS terkait Pilgub Jatim.

Huda Bahkan menjelaskan menyiapkan tokoh perempuan untuk maju bersama Marzuki.

“Untuk kandidat kita ada Kyai Marzuki Mustamar, termasuk kalau perempuan kita Bahkan Dalam proses siapkan,” kata Huda di Kompleks Lembaga Tertinggi Negara/Dewan Perwakilan Rakyat, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5).

“Teman-teman PKS bersepakat untuk bangun Gabungan, bangun komunikasi dengan PKB, kita lihat Kemungkinan seminggu dua minggu ini,” tambahnya.

Kendati demikian, Marzuki sendiri belum Menyajikan kejelasan apakah Berencana maju atau tidak di Pilgub Jatim.

Ia mengaku belum berniat maju di kontestasi Pilgub Jatim 2024 dengan Penjelasannya masih fokus mengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad dan mengajar di kampus.

“Kalau kami ya enggak ada (niat maju di Pilgub Jatim). Tapi sekali lagi kami enggak memaksa orang (memilihnya dalam survei), kami Bahkan enggak Ingin melarang orang, kami hidup mati di Jatim,” kata Marzuki.

Sementara itu, Khofifah Sebelumnya merespons kemungkinan berhadapan dengan Marzuki Mustamar di Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2024. Ia mengatakan bahwa dirinya berkawan baik dengan Marzuki dan Berencana senantiasa bersinergi membangun Jatim ke depan.

“Pada dasarnya kami berkawan dan bersinergi dalam proses membangun Jatim dan kita lihat saja nanti perjalanan berikutnya,” kata Khofifah di Jakarta, Jumat (17/5).

(rts/DAL/bac)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pilgub Jatim 2024, Pertarungan Khofifah dan Marzuki Mustamar?