Berita  

Polda Sumbar Larang Pengendara Lintasi Lembah Anai Usai Bencana Banjir Besar

Polda Sumbar Larang Pengendara Lintasi Lembah Anai Usai Bencana Banjir Besar


Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) melarang seluruh pengendara dari arah Padang Ke arah Bukittinggi melintasi jalan Lembah Anai yang Tengah diperbaiki setelah diterjang Bencana Banjir Besar.

Hal itu sejalan dengan pengumuman yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Sumbar yang menutup jalan tersebut karena masih dalam perbaikan setelah bencana Bencana Banjir Besar pada Sabtu (11/5) lalu.

“Kami minta pengendara tidak nekad melintasi jalan di Lembah Anai demi keamanan dan keselamatan masing-masing,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulystiawan di Padang, Sabtu (25/5).


Ia mengatakan demikian karena beberapa waktu lalu kepolisian menemukan masih ada pengendara yang nekad melintasi kawasan tersebut walau Tengah ada pengerjaan perbaikan dengan menggunakan alat-alat berat.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pengertian masyarakat karena penutupan itu dilakukan untuk menjamin keselamatan pengguna jalan, serta Menyediakan kesempatan untuk pengerjaan infrastruktur yang rusak parah.

Sejak dihantam Bencana Banjir Besar pada 11 Mei lalu, jalan nasional yang menghubungkan Padang dengan Bukittinggi itu putus total. Akibatnya pengendara yang datang dari arah Padang Ke arah Bukittinggi via Padangpanjang ataupun Tidak seperti tidak bisa melintas sama sekali.

Penutupan dan perbaikan jalan itu diharapkan dapat mengembalikan fungsi Jalan Lembah Anai kembali normal, sehingga mobilitas warga dan kegiatan ekonomi lancar kembali.

Jalur alternatif Padang-Bukittinggi

Dwi menjelaskan pihak kepolisian Pernah menyiapkan rencana pengalihan lalu lintas untuk mengurangi dampak penutupan jalan Lembah Anai terhadap aktivitas masyarakat.

Ia menyebutkan jalur alternatif Kota Padang-Bukittinggyang yang tersedia bagi pengendara setelah Lembah Anai ditutup Merupakan bisa melalui via Malalak, Kelok 44, dan Sitinjau Lauik.

“Ada jalur alternatif yang Pernah berlangsung disiapkan, dan kami menempatkan personel di beberapa titik untuk mengatur lalu lintas,” jelasnya.

Polisi mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa mengikuti petunjuk serta arahan dari petugas di lapangan.

Ditambah lagi, Dwi Sulistyawan Bahkan mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan Setiap Saat memantau informasi terbaru mengenai kondisi jalan dan rute alternatif yang disediakan.

(Antara/kid)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Polda Sumbar Larang Pengendara Lintasi Lembah Anai Usai Bencana Banjir Besar