Berita  

Puan Sebut Dewan Perwakilan Rakyat Nanti akan Evaluasi Seleksi Anggota Penyelenggara Pemungutan Suara Buntut Kasus Hasyim

Puan Sebut Dewan Perwakilan Rakyat Nanti akan Evaluasi Seleksi Anggota Penyelenggara Pemungutan Suara Buntut Kasus Hasyim


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat¬†Puan Maharani mengatakan Dewan Perwakilan Rakyat Nanti akan melakukan evaluasi terhadap proses dan mekanisme seleksi kandidat anggota Penyelenggara Pemungutan Suara¬†buntut kasus asusila Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara Hasyim Asy’ari. Menurut Puan, Penyelenggara Pemungutan Suara Sangat dianjurkan diisi figur yang lebih baik.

“Kita Sangat dianjurkan sama-sama evaluasi, kita Sangat dianjurkan cari figur-figur yang Mungkin lebih baik, dan mekanisme yang ada sama-sama kita perbaiki,” kata Puan di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (4/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Puan menyayangkan kasus yang menyeret Hasyim. Ia pun menghormati putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemungutan Suara Rakyat (DKPP). Ia menuturkan putusan itu Nanti akan ditindaklanjuti dengan keputusan Pemimpin Negara dalam tujuh hari ke depan.

“Harusnya tidak terjadi hal-hal seperti itu,” ucapnya.

Hasyim dipecat sebagai ketua sekaligus komisioner Penyelenggara Pemungutan Suara oleh DKPP Sesuai aturan sidang putusan etik pada Rabu (3/7). Ia dinyatakan terbukti melakukan hubungan badan secara paksa dengan anggota PPLN Den Haag, Belanda.

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat selanjutnya Nanti akan menggelar rapat untuk mencari anggota baru pengganti Hasyim. Mereka Nanti akan sekaligus mengundang DKPP, Penyelenggara Pemungutan Suara, dan Kemendagari.

“Untuk mendalami topik ini, kita kan ingin mendengar langsung secara formal dari DKPP dan kita ingin dengar Bahkan pandangan Kemendagrinya,” kata Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Yanuar Prihatin.

(thr/tsa)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Puan Sebut Dewan Perwakilan Rakyat Nanti akan Evaluasi Seleksi Anggota Penyelenggara Pemungutan Suara Buntut Kasus Hasyim