Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk, Mitos atau Fakta? Begini Kata Ahli

Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk, Mitos atau Fakta? Begini Kata Ahli


Jakarta

Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas. Ada banyak jenis Medis yang sering digunakan masyarakat salah satunya ramuan tradisional campuran jeruk nipis dan kecap manis.

Pada dasarnya apakah campuran tersebut memang efektif untuk meredakan batuk yang membandel? Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Medis Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania mengatakan ramuan tersebut memang bisa Mendukung meredakan batuk.

Apalagi, dr Inggrid Bahkan menyebut penambahan bahan kencur pada ramuan tersebut dapat Mendukung Mengoptimalkan manfaatnya.


“Jadi kan biasanya secara tradisional itu kecap, jeruk nipis, sama kencur. Itu Nanti akan lebih bagus. Apalagi kalau kita batuknya lumayan mengganggu ya, jadi ditambahkan kencur,” ujar dr Inggrid ketika ditemui detikcom di RSUD Tamansari, Jakarta Barat, Senin (27/5/2024).

dr Inggrid menjelaskan kencur yang digunakan bermanfaat untuk Mendukung meredakan batuk serta Mengoptimalkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis Bahkan cukup tinggi sehingga sangat baik untuk proses meredakan batuk.



ADVERTISEMENT

“Terus kalau kecapnya memang karena Ia kan kental ya, kental dan sifatnya bisa melapisi tenggorokan yang meradang, lapisan mukosa istilahnya. Itu bisa Mendukung peradangan karena konsistensi yang kental itu,” jelasnya.

Bila tidak ingin menggunakan kecap sebagai bahan ramuan Medis batuk, dr Inggrid menyarankan bahan lain seperti madu murni yang memiliki konsistensi seperti kecap. Apalagi, madu Pernah berlangsung sejak lama terbukti memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

“Kecapnya diganti dengan madu yang kental Bahkan boleh. Bahkan lebih bagus madu, jadi dicampur sama kencur dan jeruk nipis itu tadi,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk, Mitos atau Fakta? Begini Kata Ahli