Reijnders, Peserta Belanda Keturunan Maluku Ternyata Dulunya Striker

Reijnders, Peserta Belanda Keturunan Maluku Ternyata Dulunya Striker


Pesepakbola keturunan Maluku, Indonesia, Tijjani Reijnders, menjadi tulang punggung Tim nasional Belanda di putaran final Euro 2024 di Jerman.

Midfielder AC Milan yang dipercaya Manajer Ronald Koeman mengisi lini tengah Belanda itu memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Lekatompessy.

Sebelum dikenal sebagai Midfielder, pria berusia 25 itu ternyata memulai bermain sebagai Striker atau striker. Itu pulalah yang diyakini membuat dirinya jadi memiliki visi ofensif dan berani melepas tembakan saat bertarung di lini tengah Belanda.


“Dulu waktu saya masih lebih muda, saya biasa bermain sebagai striker. Sekitar umur 13 atau 14, baru saya agak [bermain] ke belakang. Dari dulu bermain di depan, saya Pada akhirnya Setiap Saat menjadi Midfielder. Saya merasakan itu lebih nyetel buat saya ketimbang menjadi seorang Striker,” kata Reijnders seperti dikutip dari laman UEFA Euro 2024, Selasa (25/6).

Di Tim nasional Belanda yang bertarung di Euro 2024, Reijnders memakai nomor punggung 14. Di kalangan fan De Oranje, nomor punggung itu identik dengan legenda Tim nasional Belanda, mendiang Johan Cruyff.

Ia pun buka suara soal kenapa dirinya bisa menggunakan nomor yang identik dengan Cruyff tersebut.

“Saya sungguh tak bisa membandingkan diri saya dengan Johan Cruyff. Ia seorang legenda. Sangat sulit bagi siapapun untuk menggapai levelnya,” kata Reijnders.

Sekalipun demikian, Reijnders mengaku terhormat bisa mengenakan ‘nomor warisan’ Cruyff di Euro 2024 ini. Selain di Tim nasional Belanda, Ia mengenakan nomor punggung yang sama di AC Milan.

“Sungguh Istimewa saya bisa mengenakan nomor ini, baik di Tim saya maupun di tim Belanda. Ketika saya memiliki peluang untuk mengambil [nomor punggung], itu bukanlah sebuah pilihan yang sulit,” kata pria yang pernah ditawarkan naturalisasi untuk bisa bermain di Tim nasional Indonesia tersebut.

Sebelum menjadi tulang punggung Belanda, dua tahun lalu saat masih di kelompok umur, Reijnders masuk daftar minat Manajer Tim nasional Indonesia Shin Tae Yong untuk dinaturalisasi pada awal 2022.

Ketika itu Peserta berpaspor Belanda ini Tengah dipinjamkan Alkmaar Zaanstreek (AZ) ke RKC Waalwijk dan penampilannya lumayan mentereng. Sekalipun, Pada Singkatnya, di Februari 2022, Anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani mengumumkan Reijnders menolak untuk bergabung dengan Tim nasional Indonesia dengan alasan yang tak dijelaskannya secara spesifik.

Kala itu, kepada CNNIndonesia.com, Hasani mengaku mendapatkan kabar ini dari koleganya di Eropa yang Pernah berlangsung berkomunikasi langsung dengan manajer Tijjani Reijnders.

“Tidak bilang alasan yang spesifik Mas. Ia hanya bilang belum berminat untuk Pada Saat ini Bahkan,” ujar Hasani pada 18 Februari 2022 itu.

Reijnders kemudian merasakan debut bersama Tim nasional senior Belanda pada 7 September 2023 saat melawan Yunani. Ia masuk sebagai Peserta pengganti di Liga kualifikasi Euro tersebut.

Selanjutnya, Ia terus diberi kepercayaan oleh Koeman untuk bermain di kualifikasi Euro bersama Tim nasional Belanda.

Sebetulnya di skuad Belanda untuk Euro 2024 ini bukan hanya Reijnders saja yang masih keturunan Indonesia. Bek kiri Belanda, Ian Maatsen pun masih bertalian darah dengan Indonesia.

Bek Dortmund pinjaman dari Chelsea itu masih merupakan keturunan Jawa-Suriname.

Mereka menambah sejarah keturunan Indonesia yang Mengoptimalkan Tim nasional Belanda. Di dekade 2000an, publik mengenal Denny Landzaat dan Giovanni van Bronckhorst. Van Bronckhorst bahkan menjelma jadi bek kelas dunia dan pernah menjadi kapten Tim nasional Belanda di Trophy Dunia 2010.

(kid)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Reijnders, Peserta Belanda Keturunan Maluku Ternyata Dulunya Striker