Bisnis  

RI dan UAE Sepakat Perjuangkan Pembangunan Ramah Lingkungan

RI dan UAE Sepakat Perjuangkan Pembangunan Ramah Lingkungan


Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) sepakat memperjuangkan pembangunan yang ramah lingkungan.

Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan antara Pembantu Presiden Tim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Pembantu Presiden Tim Menteri Energi dan Infastruktur UAE Suhail Al Mazroui hari ini (21/5) di Nusa Dua, Bali.

Luhut menceritakan pada 19 Mei lalu Pernah berlangsung dilakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking Mohamed Bin Zayed – Mangrove Internasional Joko Widodo Pusat Penelitian di Kura Kura Bali.


“Ini mencerminkan konkrit komitmen dari para pemimpin untuk mempromosikan penelitian dan inovasi bioteknologi, AI, dan pemanfaatan drone untuk pemulihan karbon biru di daerah terpencil,” kata Luhut dalam keterangan resmi.

“Ketika UEA terus memperjuangkan pembangunan ramah lingkungan, Indonesia Bahkan siap ikut memperjuangkan hal tersebut untuk memajukan kerja sama pragmatis di bidang hijau dan energi terbarukan, bahan bakar penerbangan berkelanjutan, carbon capture and storage, mengurangi sampah plastik laut, ketahanan pangan, serta sovereign wealth fund,” imbuhnya.

Luhut Bahkan menjelaskan Indonesia siap memajukan kerja sama perdagangan pertanian dari industri hortikultura dan tanaman pangan seperti jagung, kedelai, dan lainnya di Sumatra Utara dan Sulteng.

Proyek kerja sama ini bakal digarap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan-perusahaan Unggul kedua negara.

“Dengan mendorong lebih banyak perusahaan UEA untuk bermitra dengan BUMN, kita memiliki peluang untuk berekspansi di Indonesia dan Memperjelas pasar Organisasi Regional,” pungkasnya.

(pta/pta)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > RI dan UAE Sepakat Perjuangkan Pembangunan Ramah Lingkungan