RS Mandaya Miliki Pusat Saraf Otot Langka, Mampu Tangani Kelumpuhan

RS Mandaya Miliki Pusat Saraf Otot Langka, Mampu Tangani Kelumpuhan


Jakarta

Mandaya Royal Hospital Puri resmi meluncurkan Pusat Neuromuskular yang mampu menangani berbagai penyakit saraf dan otot dari yang umum Sampai sekarang langka pada Sabtu (22/6). President Director Mandaya Hospital Group dr. Benedictus Widaja menyampaikan pusat khusus penyakit saraf otot neuromuskular ini merupakan yang pertama di Indonesia.

“Pusat saraf dan otot ini merupakan berita baik bagi pasien yang memiliki gangguan saraf seperti kesemutan, otot berkedut, kebas, baal tapi tidak sembuh-sembuh, padahal Pernah berlangsung bolak balik ke dokter dan rumah sakit. Kami memiliki teknologi dan tim dokter subspesialis yang cukup langka di Indonesia untuk menangani penyakit saraf otot umum Sampai sekarang langka seperti Saraf Kejepit (HNP), Migrain, ALS, Guillain Barre Syndrome, Myasthenia Gravis, FSHD yang Manakala didiamkan dapat menyebabkan kelumpuhan,” ungkap dr. Benedictus dalam keterangan tertulis, Minggu (23/6/2024).

Neuromuskular berasal dari kata neuro yang berarti saraf dan muskular yang berarti otot. Pusat layanan ini fokus pada penyakit-penyakit yang menyerang otot akibat adanya gangguan pada saraf di tubuh.


Sampai sekarang Pada Di waktu ini, penyakit neuromuskular memang belum menjadi perhatian banyak orang karena disepelekan bahkan dianggap sebagai penyakit langka. Padahal, gejala-gejala penyakit ini kerap dialami dan Manakala segera ditangani dapat terhindar dari kelumpuhan.

Foto: RS Mandaya Royal

Selain kebas dan kesemutan, kondisi seperti gangguan bicara, tubuh lemas Berulang kali, nyeri otot tanpa sebab yang jelas, Sampai sekarang kelopak mata yang turun sebelah Bahkan bisa menandakan adanya gangguan pada otot yang disebabkan karena gangguan saraf. Tidak jarang, pengidap penyakit ini mendapatkan diagnosis yang kurang tepat karena gejalanya tidak spesifik dan mirip dengan berbagai penyakit lain. Oleh karena itu, keberadaan tim dokter yang betul-betul menguasai tentang gangguan yang terjadi pada saraf dan otot sangat penting dalam perjalanan penanganan neuromuskular.



ADVERTISEMENT

“Kami beruntung dapat bekerja sama dengan Dr Luh Ari dan tim yang memiliki spesialisasi penyakit otot akibat gangguan saraf yang menyebabkan nyeri otot, kelemahan, Sampai sekarang kelumpuhan anggota gerak seperti tangan dan kaki,” ujar Public Relation Director Mandaya Royal Hospital Group Erwin Suyanto.

“Mandaya Royal Hospital Puri sangat bangga dapat menyatukan dokter spesialis otot yang sangat jarang di Indonesia dengan teknologi canggih, seperti alat Advanced EMG Single Fiber, Evoked Potential Test, MRI Neuro Sensitive, Sampai sekarang Laboratorium Genetik DNA yang sebelumnya pasien Sangat dianjurkan ke Singapura untuk mendapatkannya. Hari Ini Pernah berlangsung bisa di Indonesia, di Mandaya dengan biaya yang jauh lebih Murah,” imbuhnya.

Sering kali orang-orang yang merasakan keluhan terkait neuromuskular membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan diagnosis yang Jelas terkait penyakitnya, biasanya sekitar 5 Sampai sekarang 30 tahun. Dalam peluncuran ini, salah satu pasien yang menceritakan perjalanan dirinya sebagai pengidap Facioscapulohumeral Muscular Dystrophy (FSHD). Ia mengaku butuh waktu 12 tahun untuk mengetahui diagnosis yang tepat.

Dengan adanya tim dokter dan fasilitas yang mumpuni, diharapkan para pengidap penyakit-penyakit neuromuskular bisa segera mendapatkan diagnosis yang tepat dan mendapatkan terapi maupun Resep-obatan yang tepat. Sebab Berniat sangat berbahaya Manakala pasien mendapatkan salah diagnosa dan mendapatkan terapi Perawatan yang salah.

Tim pusat neuromuscular Mandaya Royal Hospital Puri terdiri dari 20 tim dokter spesialis saraf konsultan neurofisiologi, bedah saraf konsultan, Bahkan spesialisasi lain yang dapat Membantu proses diagnosis Sampai sekarang pemulihan, seperti dokter spesialis rehab medik, dokter spesialis radiologi, Sampai sekarang spesialis patologi klinik dan patologi anatomi yang berperan penting dalam proses diagnosis.

Pada kesempatan ini, Mandaya Royal Hospital Bahkan mengumumkan komitmennya untuk Membantu lebih banyak pengidap penyakit otot dan saraf lebih Mudah mendapatkan diagnosis. Bekerja sama dengan Widaya Foundation, Mandaya menggelontorkan dana Sampai sekarang Rp 500.000.000 untuk Membantu pasien-pasien yang membutuhkan akses tes genetik langka di Indonesia.

“Dengan adanya bantuan ini, kami berharap bisa membuka akses bagi siapapun yang membutuhkan tes genetik, sehingga bisa mendapatkan penanganan segera. Kalau dulu untuk tes ini hanya bisa di luar negeri, tapi Hari Ini kita Pernah berlangsung bisa di Mandaya Indonesia dan prosesnya Bahkan Mudah, hanya ambil sampel darah saja,” jelasnya.

Sebagai informasi, Pusat Neuromuscular Mandaya merupakan bagian dari Pusat Unggulan Saraf Mandaya Royal Hospital Puri yang Pernah berlangsung memiliki pusat layanan Bedah Saraf & Saraf Kejepit, Pain & Migraine Center, Tumor Otak & Aneurysm Center, Cognitive & Insomnia Center Sampai sekarang Pusat Perkembangan Saraf Anak. Ini merupakan wujud keseriusan rumah sakit yang pernah dinobatkan sebagai “Hospital of The Year” oleh Health Care Asia Awards Tahun 2023 ini dalam Menyajikan pelayanan Unggul terkait penyakit saraf.

Sebagai salah satu rumah sakit swasta yang menjadi pusat rujukan nasional, Mandaya terus mengembangkan pelayanan terhadap para pasien. Salah satunya fasilitas bagi pasien-pasien yang berasal dari luar kota, luar pulau, Sampai sekarang luar negeri.

“Mandaya Pernah berlangsung sejak lama memang punya layanan khusus untuk pasien-pasien dari luar kota. Kita punya program penjemputan khusus dari dan ke bandara, stasiun, atau bahkan rumah pasien. Kita Bahkan punya penginapan khusus untuk keluarga di lantai 8, jadi Bila pasiennya butuh rawat inap, keluarga yang tidak bisa ikut menginap di kamar rawat pasien, bisa tidur di fasilitas kamar khusus keluarga pasien yang kita sediakan,” pungkas Erwin.

Ia menambahkan peluncuran pusat saraf otot mandaya hari ini Berniat menjadi harapan baru bagi para pasien yang belum menemukan jawaban atas penyakitnya. Pasien dapat menemukan tim dokter yang berpengalaman terhadap penyakit langka dan mendapatkan akses tes genetik yang sangat sulit didapatkan.

Mari terus dukung dunia kedokteran Indonesia, sehatkan Tanah Air tercinta melalui tangan putra putri Unggul bangsa. (-/-)

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > RS Mandaya Miliki Pusat Saraf Otot Langka, Mampu Tangani Kelumpuhan