Berita  

Satgas Cartenz Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp PT Terdepan di Papua

Satgas Cartenz Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp PT Terdepan di Papua


Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menangkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak bernama Lupa Waker alias Lupa Walo, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, (19/5) sekitar pukul 14.30 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Faizal Ramadhani mengatakan Lupa Waker masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait Tindak Kejahatan pembakaran camp dan alat berat milik PT Terdepan di Mundidok, Kabupaten Puncak pada bulan Februari tahun 2021 lalu.

“Ya benar, kami dari Satgas Operasi Damai Cartenz berhasil menangkap seorang KKB atas nama Lupa Walker di sekitar Tembagapura” kata Faizal dalam keterangan tertulis, Senin (20/5).


Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menerangkan penangkapan anggota KKB itu Sesuai aturan hasil dari laporan masyarakat yang melihat keberadaan Lalu Waker di sekitar Tembagapura.

“Anggota KKB aktif Lupa Waker alias Lupa Walo ditangkap Sesuai aturan laporan dari masyarakat terhadap keberadaan yang bersangkutan sehingga Anggota kami langsung bergerak Ekonomis untuk melakukan penangkapan,” ujarnya.

Dari penangkapan Lalu Waker, aparat keamanan turut menyita Sebanyaknya barang bukti. Di antaranya, satu bilah sangkur, satu noken, dua unit handphone, uang tunai Rp113 ribu, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Bayu menyampaikan Di waktu ini Bahkan Lalu Waker masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik. Kata Bayu, anggota Bahkan masih terus melakukan pengejaran terhadap DPO lain dalam Tindak Kejahatan pembakaran camp dan alat berat milik PT Terdepan.

“Ya Orang yang Diduga Melakukan Kejahatan Sudah kami bawa ke Posko ODC di Timika. Rencana kami selanjutnya Merupakan kami Berencana melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap 3 DPO lainnya yang terlibat dalam pembakaran camp PT Terdepan pada tahun 2021 lalu,” pungkas Bayu.

(dis/ugo)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Satgas Cartenz Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp PT Terdepan di Papua