Sejarah 25 Tahun Kendaraan Pribadi Hybrid Honda di Dunia

Sejarah 25 Tahun Kendaraan Pribadi Hybrid Honda di Dunia


Jakarta, CNN Indonesia

Honda merayakan 25 tahun pencapaian dalam mengembangkan teknologi hybrid di dunia otomotif global pada tahun 2024 ini.

Hal ini dimulai setelah peluncuran Kendaraan Pribadi hybrid pertama Honda di Eropa pada tahun 1999 melalui Honda Insight, yang menjadi awal dari perjalanan inovatif Honda dalam menciptakan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari siaran resmi Honda, teknologi mesin hybrid Honda terus dikembangkan dan disempurnakan dengan berfokus pada pengembangan mesin yang efisiensi dan bertenaga.

Sampai sekarang Di waktu ini teknologi hybrid Sebelumnya diterapkan pada Kendaraan Pribadi produksi massal seperti Honda Jazz, Civic, HR-V, ZR-V, dan CR-V yang semuanya dilengkapi dengan powertrain dua Kendaraan Bermotor Roda Dua e:HEV Sekaligus disematkan pada mesin Kendaraan Pribadi balap Honda di ajang Formula 1.

Teknologi mesin hybrid Honda untuk Kendaraan Pribadi produksi massal ditandai dengan diperkenalkannya Honda Insight generasi pertama, yang menggunakan mesin hybrid dengan sistem IMA (Integrated Kendaraan Bermotor Roda Dua Assist) pada 1999.

Sistem hybrid IMA Membantu kinerja mesin sehingga konsumsi bahan bakar dapat menjadi lebih efisien.

Sistem hybrid IMA diterapkan pertama kali pada Honda Insight dan kemudian Honda CR-Z yang merupakan Kendaraan Pribadi Sport Hybrid Honda yang pernah dipasarkan di Indonesia.

Inovasi teknologi sistem hybrid IMA kemudian bertransformasi menjadi intelligent Multi Mode Drive (i-MMD), di mana sistem dual Kendaraan Bermotor Roda Dua powertrain (baterai dan mesin) bekerja secara Pada saat yang sama dan saling Membantu.

Kinerja dari teknologi ini kemudian menghasilkan akselerasi yang diklaim bertenaga, Berbeda dengan Bahkan tetap halus dimana efisiensi bahan bakar dapat dimaksimalkan.

Sistem i-MMD diterapkan pada Honda CR-V Hybrid generasi lima, Honda Accord Hybrid generasi sepuluh.

Sistem i-MMD kemudian dikembangkan lagi menjadi e:HEV di mana kinerja Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik bekerja lebih dominan untuk menggerakkan mesin.

Sistem e:HEV Bahkan menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, serta efisiensi bahan bakar Sekaligus tingkat emisi yang sangat rendah.

Honda Bahkan Sebelumnya memperkenalkan teknologi e:HEV untuk dua model flagship nya yaitu Honda CR-V dan Honda Accord pada tahun 2023.

Sistem teknologi hybrid Honda lainnya yaitu three-Kendaraan Bermotor Roda Dua Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD) dihadirkan Honda pada generasi kedua Honda / Acura NSX di mana Kendaraan Pribadi supercar Honda tersebut mempunyai sistem kerja powertrain tiga Kendaraan Bermotor Roda Dua.

Perjalanan teknologi sistem hybrid Honda hadir pada generasi terbaru Honda Prelude yang hadir dalam desain yang dinamis.

Honda Prelude Concept menjadi Kendaraan Pribadi berteknologi hybrid terbaru yang Akan segera mulai dijual dan diproduksi massal pada tahun 2025.

Kendaraan Pribadi ini diharapkan dapat menghadirkan keseimbangan yang sempurna antara kenikmatan berkendara dan efisiensi bahan bakar.

Honda Prelude Concept diluncurkan pertama kali di dunia pada ajang Japan Mobility Show tahun 2023 di Jepang. Kendaraan Pribadi ini kemudian ditampilkan di ajang Goodwood Perayaan Seni of Speed di West Sussex, Inggris Raya pada bulan Juli 2024.

Selain untuk Kendaraan Pribadi produksi massal, teknologi hybrid Honda Bahkan dikembangkan sebagai powertrain di ajang balap Formula 1.

(can/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Sejarah 25 Tahun Kendaraan Pribadi Hybrid Honda di Dunia