Berita  

Seleksi Magang Merdeka Dibuka Mulai Hari Ini

Seleksi Magang Merdeka Dibuka Mulai Hari Ini


Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Wachyu Hari Haji mengungkapkan seleksiĀ magang merdeka dan studi independen Berencana dimulai hari ini, Rabu (7/8).

“Besok mahasiswa Berencana mulai seleksi. Baik magang atau studi independen,” kata Wachyu kepada CNNIndonesia.com, pada Selasa (6/8).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wachyu menjelaskan seleksi dari mitra MSIB bermacam-macam. Ada yang diseleksi Sesuai ketentuan kesesuaian program studi (prodi) yang diampu dengan posisi magang.

Kemudian, ada Bahkan yang diseleksi dengan tes tertulis, wawancara Sampai sekarang tes kesehatan. Ia menyebut mekanisme seleksi ditentukan oleh mitra MSBI atau perusahaan.

Wachyu mengungkapkan setiap mahasiswa mempunyai kesempatan untuk melamar maksismal ke 22 perusahaan. Bila mahasiswa tersebut diterima lebih dari satu perushaan, maka Sangat dianjurkan memilih.

“Pastikan nanti Bila diterima Mungkin mahasiswa itu Berencana mendapatkan offering banyak. Ia Sangat dianjurkan memilih yang paling disukai atau diminati karena pada saat memilih satu, yang lain statusnya langsung hilang atau rejected,” jelas Ia.

Untuk offering mahasiswa oleh mitra seperti dijadwalkan Berencana diumumkan pada 21 Agustus-4 September 2024.

Wachyu mengatakan mahasiswa mempunyai kesempatan untuk menerima atau menolak offering dengan Syarat waktu 3 x 24 jam.

“Kalau Ia tidak merespons maka seterusnya Berencana hilang. Yang statusnya offering jadi tidak ada. Pastikan mahasiswa menyiapkan diri untuk itu,” ucapnya.

Sebelumnya, program MSIB diisukan Berencana disetop. Sekalipun, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk semester genap tahun akademik 2024/2025 tetap berjalan.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Abdul Haris menyatakan, para mahasiswa yang Sebelumnya mendaftarkan diri dalam program MBKM dapat mengikuti rangkaian proses pada linimasa yang Sebelumnya ditetapkan.

“Kemendikbudristek berkomitmen untuk terus Menyediakan hak belajar kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang relevan sebagai bekal di dunia pascakampus. MBKM menjadi kebijakan pertama dalam sejarah, di mana fleksibilitas dan pengalaman itu terbuka luas dan dibiayai pemerintah,” jelas Haris dalam rilis yang diterima, Senin (29/7).

(yla/rds)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Seleksi Magang Merdeka Dibuka Mulai Hari Ini