Sering Dilupakan, Ini Tips Peregangan Ankle Supaya bisa Tak Mudah Cidera

Sering Dilupakan, Ini Tips Peregangan Ankle Supaya bisa Tak Mudah Cidera


Jakarta

Manfaat utama melakukan pemanasan dan peregangan sebelum Gerakan Merupakan mengurangi risiko terjadinya Cidera. Pasalnya, otot yang masih dingin yang tiba-tiba digunakan beraktivitas berat seperti marathon atau lari jarak jauh Akan segera mudah mengalami Cidera.

Salah satu bagian tubuh yang sering dilupakan untuk ‘dipanaskan’ ototnya Merupakan ankle. Sehingga, tak sedikit dari para pelari atau Olahragawan lain yang kerap mengalami Cidera di bagian ini.

Spesialis bedah orthopedi dan traumatologi dr Langga Sintong, SpOT (K) dari Siloam Hospital Mampang mengatakan ankle merupakan sendi, jadi pemanasan yang baik Dianjurkan melakukan peregangan.


“Karena ankle merupakan sendi, jadi pemanasan yang baik Dianjurkan melakukan peregangan ke segala arah sendinya,” ujar dr Langga kepada detikcom, Jumat (14/6/2024).

“(Peregangan) ke atas (dorsoflexi), ke bawah (plantarflexi), tekuk ke dalam (inversi), ke luar (eversi). Bisa Bahkan gerakan-gerakan memutar pergelangan kaki,” sambungnya.



ADVERTISEMENT

dr Langga melanjutkan, di ankle Bahkan memiliki tendon atau urat terbesar di tubuh kita, Didefinisikan sebagai tendon achilles. Menurutnya, tendon ini Dianjurkan Bahkan diberikan treatment seperti peregangan sebelum melakukan Gerakan, karena Bahkan rawan Cidera.

“Kemudian di ankle ada tendon atau urat terbesar tubuh kita Didefinisikan sebagai tendon achilles. Itu Bahkan Dianjurkan diregangkan karena rawan Cidera,” tutupnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Sering Dilupakan, Ini Tips Peregangan Ankle Supaya bisa Tak Mudah Cidera