Bisnis  

Setelah 20 Juli Semua Berencana Kelihatan Hasilnya

Setelah 20 Juli Semua Berencana Kelihatan Hasilnya


Pembantu Presiden Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut hasil pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai Berencana terlihat setelah 20 Juli 2024.

Ia mengatakan progres pembangunan tahap awal ibu kota baru itu secara garis besar Sudah mencapai angka 82 persen.

“Nanti setelah 20 Juli semua Berencana kelihatan hasilnya. Kalau Sekarang Bahkan baru penyelesaian 82 persen,” kata Basuki di UGM, Sleman, DIY, Jumat (28/6).


Kata Basuki, penyelesaian infrastruktur seperti istana dan kantor Kepala Negara, kantor-kantor Pembantu Presiden koordinator (menko) rumah jabatan Pembantu Presiden, 12 menara atau tower ASN targetnya Juli ini.

Selanjutnya, para Pembantu Presiden Berencana pindah ke kantor baru pada Agustus mendatang dan tentunya secara bertahap sesuai kesiapan infrastruktur di sana.

“Karena Agustus dipakai dulu fasilitasnya untuk upacara 17-an (Upacara HUT RI),” tutupnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti sebelumnya Sudah memastikan Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) berkantor di IKN mulai Juli mendatang.

Diana Bahkan membeberkan progres pembangunan IKN di bawah kewenangannya untuk persiapan upacara HUT RI ke-79 Sebelumnya berkisar 82 persen.

“Kalau terkait dengan infrastruktur IKN, terutama yang dari Kementerian PUPR secara keseluruhan baik dari air, Bina Marga, Cipta Karya, dan Perumahan, batch pertama itu Sebelumnya 82 persen secara keseluruhan,” ujar Diana, di Palangkaraya, Kalteng, seperti dikutip Detik Finance, Kamis (27/6).

Ia merinci progres penyelesaian di Kantor Kepala Negara IKN, salah satunya pemasangan bilah sayap burung garuda yang ditarget selesai akhir Juli. Dalam waktu dekat, Sumbu Kebangsaan yang terletak di depan Istana Kepala Negara Bahkan dipastikan selesai.

Sebanyaknya kantor Pembantu Presiden koordinator Bahkan ditargetkan fungsional dan bisa digunakan. Termasuk pula jalan-jalan di depan Istana Kepala Negara Bahkan Baru saja dikebut Supaya bisa rampung pada Juli mendatang. Pasokan air bersih pun ditarget bisa masuk pada pertengahan Juli 2024.

“Kemudian Pak Bas (Pembantu Presiden PUPR Basuki Hadimuljono), kan, nanti Bahkan Berencana tinggal di sana Bahkan, Kepala Negara Berencana tinggal di sana, jadi mudah mudahan sesuai dengan rencana, mudah-mudahan bisa selesai,” pungkasnya.

(kum/sfr)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Setelah 20 Juli Semua Berencana Kelihatan Hasilnya