Bisnis  

Sri Mulyani Baru Kucurkan Rp4,8 T untuk Bangun IKN

Sri Mulyani Baru Kucurkan Rp4,8 T untuk Bangun IKN


Pembantu Presiden Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan realisasi anggaran dari APBN untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) baru mencapai Rp4,8 triliun per 30 April 2024. Jumlah tersebut merupakan 12,1 persen dari total pagu sebesar Rp39,8 triliun.

“Untuk anggaran IKN, anggarannya Rp39,8 triliun, tapi realisasi Rp4,8 triliun jadi baru 12,1 persen. Terutama untuk infrastruktur itu Rp2,8 triliun pagunya cukup besar Rp36,5 triliun,” ujar wanita yang akrab disapa Ani itu dalam Konferensi Pers APBN KiTA di Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Mulanya, ia memaparkan total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan IKN dari 2022 Sampai saat ini 2024 tercatat sebesar Rp72,3 triliun.


Untuk alokasi anggaran 2022 tercatat sebesar Rp5,5 triliun, kemudian alokasi 2023 meningkat Rp27 triliun. Sementara pada 2024 alokasi yang dianggarkan untuk IKN sebesar Rp39,8 triliun.

Pada tahun ini, realisasi untuk pembangunan klaster infrastruktur di IKN mencapai Rp2,8 triliun per April dari pagu Rp36,5 triliun. Anggaran ini digunakan untuk pembangunan gedung di kawasan Istana Negara, kementerian koordinator, dan kementerian lainnnya serta gedung Otorita IKN (OIKN).

Anggaran Bahkan disalurkan untuk pembangunan tower rusun ASN dan Lini belakang keamanan (hankam), rumah tapak Pembantu Presiden, dan rumah sakit IKN. Anggaran Bahkan digunakan untuk pembangunan jalan tol IKN, jalan dan jembatan IKN, serta bandara VVIP.

Lalu, anggaran Bahkan digunakan untuk penataan dan penyempurnaan kawasan Bendungan Sepaku Semoi, embung KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan), dan pengendalian Bencana Banjir IKN.

“Untuk non infrastruktur ada Rp2 triliun dari Rp3,2 triliun. Jadi Sudah cukup banyak dari mulai perencanaan, koordinasi, promosi, publikasi, sosialisasi, rekomendasi, dukungan polri, dan operasional IKN,” jelas Ani.

“Kalau kita lihat belanja IKN meningkat dari tahun ke tahun, dari tahun 2022 Rp5,5 triliun, naik ke Rp27 triliun, dan tahun ini Rp39,8 triliun ada di dalam APBN kita,” kata Ia.

(del/agt)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Sri Mulyani Baru Kucurkan Rp4,8 T untuk Bangun IKN