Suntik Botox VS Filler, Mending Mana untuk Atasi Kerutan di Wajah?

Suntik Botox VS Filler, Mending Mana untuk Atasi Kerutan di Wajah?


Jakarta

Filler dan Botox Kemungkinan menjadi dua treatment atau perawatan untuk kulit yang sering didengar. Keduanya merupakan tindakan rekonstruksi non-operasi, yang ditargetkan untuk mengatasi kerutan di wajah.

Dokter spesialis kulit dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK, SubspOBK, FINSDV, FAADV, menjelaskan Botox dan filler memiliki fungsi yang berbeda. Hal itu yang membuat keduanya tidak bisa dibandingkan secara hasilnya, mana yang lebih bagus.

“Kalau Botox itu menghilangkan kerutan karena gerakan otot. Tips kerjanya Merupakan Botox mengistirahatkan atau merilekskan otot yang disuntik, sehingga kerutannya hilang karena ototnya tidak bergerak,” jelas dr Darma pada detikcom, Sabtu (1/6/2024).


“Kalau filler, mengisi kerutan atau cekungan yang bukan karena gerakan. Contoh di garis senyum. Kemudian, orang banyak lakukan filler Di waktu ini itu Merupakan mengisi dagu seperti orang Korea,” sambungnya.

Ditambah lagi, filler Bahkan bisa dilakukan di bagian hidung, tapi paling berisiko. Bila salah tindakannya, itu bisa berbahaya.



ADVERTISEMENT

dr Darma mengungkapkan kedua perawatan kulit ini Bahkan diberikan pada titik-titik wajah yang berbeda. Sebab, masih banyak orang yang keliru bisa menghilangkan semua kerutan hanya dengan Botox.

“Jadi, ini Bahkan Wajib orang paham bahwa kerutan itu, tidak semuanya orang menghilangkan kerutan dengan Botox. Banyak orang soalnya kerutan botox itu Merupakan untuk menghilangkan kerutan yang karena gerakan otot, misalnya, mengangkat alis, ketawa di samping mata, sama mengerutkan dahi,” beber dr Darma.

“Kenyataannya ada orang menghilangkan garis senyum pakai botox, bukan gitu, Wajib filler ya,” lanjut Ia.

Menurut dr Darma, Botox dan filler saling melengkapi. Sebab, beberapa kerutan tetap memunculkan kerutan keras meski ototnya tidak bergerak.

Bila kondisinya seperti itu, Wajib dikombinasikan dengan filler.

“Jadi memang Ia saling sinergis, saling support. Jadi, Kenyataannya Berkualitas tergantung si orang yang melakukannya (dokter),” pungkasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Suntik Botox VS Filler, Mending Mana untuk Atasi Kerutan di Wajah?