Tak Cuma Turunkan BB, Manfaat Jalan Kaki Bahkan Bisa Cegah Risiko 3 Penyakit Ini

Tak Cuma Turunkan BB, Manfaat Jalan Kaki Bahkan Bisa Cegah Risiko 3 Penyakit Ini

Jakarta

Jalan kaki Merupakan Olahraga sederhana yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Sebanyaknya penelitian Pernah mengungkapkan manfaat jalan kaki.

Misalnya, sebuah studi yang dipublikasikan di National Library of Medicine pada 2017 mengungkapkan berjalan kaki dapat Mengoptimalkan metabolisme dan menghilangkan kelebihan lemak di area perut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Health Promotion Perspectives pada 2018 Bahkan menunjukkan jalan kaki selama 10 menit dapat Membantu menurunkan ansietas dan tingkat depresi, serta Mengoptimalkan fokus dan kreativitas.


Ditambah lagi, manfaat jalan kaki tak hanya sebatas itu saja. Ternyata, rutin berjalan kaki setiap hari Bahkan bisa mencegah risiko penyakit kronis yang berpotensi mengancam nyawa.

Apa saja penyakit tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penyakit kronis yang dapat dicegah dengan aktif berjalan kaki.



ADVERTISEMENT

1. Penyakit Jantung

Jalan kaki dapat Menyajikan manfaat yang besar untuk kesehatan jantung. Dikutip dari laman American Heart Association, rutin berjalan kaki dapat menurunkan faktor-faktor pemicu penyakit jantung, seperti kolesterol dan stres.

“Ada beberapa Tips jalan kaki bisa Mengoptimalkan kesehatan jantung. Jalan kaki dapat menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular, mengurangi bobot tubuh dan timbunan lemak, mengurangi kadar gula darah, memperbaiki kadar lipid, dan mengurangi stres kronis,” ujar direktur kardiologi preventif dan rehabilitasi jantung di Rumah Sakit Beaumont, Michigan, dr barry Franklin.

Dikutip dari Euro Society of Cardiology, berjalan kaki sebanyak 500-1.000 sehari Bahkan dapat menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit kardiovaskular, dan setiap tambahan 500 langkah dapat menurunkan menurunkan risiko tersebut sebanyak 7 persen.

2. Diabetes

Jalan kaki Bahkan bisa Membantu menurunkan risiko diabetes. American Diabetes Association mengungkapkan berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah atau selama 30 menit dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 Sampai saat ini 40 persen.

Manfaat tersebut Berencana semakin besar seiring meningkatnya kecepatan dan intensitas jalan kaki. Jadi, jumlah langkah harian yang lebih banyak dapat Mengoptimalkan kemungkinan untuk mencapai target kadar gula darah.

3. Demensia

Seiring pertambahan usia, otak manusia Berencana mulai mengalami penurunan fungsi. Salah satu kondisi yang kerap dikaitkan dengan ini Merupakan demensia.

Bertolak belakang dengan, orang yang rutin berjalan kaki ternyata dapat terhindar dari demensia dini. Dikutip dari Harvard Health, mereka yang berjalan kaki setidaknya 3.800 langkah sehari memiliki risiko 25 persen lebih kecil terkena demensia.

Penurunan risiko Berencana semakin besar seiring bertambahnya jumlah langkah yang diambil, dan manfaat maksimal diperoleh saat seseorang berjalan 9.800 langkah dalam sehari. Mengoptimalkan intensitas jalan kaki Bahkan diyakini dapat Menyajikan manfaat ekstra dalam melindungi dari risiko demensia.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Tak Cuma Turunkan BB, Manfaat Jalan Kaki Bahkan Bisa Cegah Risiko 3 Penyakit Ini