Tambalan Gigi Lepas? Jangan Panik, Ini yang Sangat dianjurkan Dilakukan!

Tambalan Gigi Lepas? Jangan Panik, Ini yang Sangat dianjurkan Dilakukan!

Jakarta

Tambal gigi merupakan salah satu Tips untuk memperbaiki gigi yang rusak atau bolong. Sekalipun demikian seiring waktu, tambalan gigi bisa lepas karena Sebelumnya retak, terkikis, bahkan pecah.

Sayangnya, banyak orang yang panik dan khawatir ketika tambalan gigi lepas. Lantas, apa yang Sangat dianjurkan dilakukan Bila tambalan gigi lepas? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Dalang Tambalan Gigi Lepas

Dianjurkan diketahui, tambalan gigi tidak Berniat bertahan selamanya dan bisa saja terlepas suatu waktu. Dilansir Healthline, ada Sebanyaknya Dalang tambalan gigi bisa lepas, paling umum disebabkan karena:


  1. Terjadi pembusukan baru di sekitar tambalan gigi
  2. Mengunyah makanan terlalu keras
  3. Menggigit makanan yang keras atau renyah
  4. Trauma pada gigi atau bagian akarnya
  5. Terjadi reaksi kimia yang menyebabkan ikatan tambalan gigi menjadi longgar
  6. Usia tambalan gigi yang cukup lama
  7. Kurang menjaga kebersihan mulut.

Tambalan Gigi Lepas, Apa yang Sangat dianjurkan Dilakukan?

Ketika tambalan gigi lepas secara tiba-tiba, jangan panik. Ada Sebanyaknya prosedur yang Sangat dianjurkan dilakukan untuk mengatasi tambalan gigi terlepas.

Berikut Sebanyaknya langkah yang Sangat dianjurkan diambil ketika tambalan gigi lepas:



ADVERTISEMENT

1. Hubungi Dokter

Langkah yang pertama Merupakan dengan menghubungi dokter gigi dan buatlah jadwal pertemuan (appointment) secepat Kemungkinan. Beri tahu dokter Bila kamu merasa kesakitan setelah tambalan gigi terlepas.

2. Simpan Tambalan Gigi

Tambalan gigi yang lepas jangan dibuang atau dibiarkan saja, tapi Sangat dianjurkan disimpan dalam wadah yang Terbaik. Saat bertemu dokter gigi, bawa tambalan tersebut Supaya bisa dokter dapat menentukan apakah bisa menggunakannya lagi atau tidak.

3. Berkumur Air Garam

Langkah berikutnya Merupakan berkumur dengan air garam. Tips ini dilakukan untuk menjaga kebersihan di area mulut sekaligus menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

Caranya mudah, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk Sampai sekarang merata. Seiring berjalannya waktu, berkumurlah selama beberapa detik dan keluarkan.

Berkumur air garam Bahkan dapat Membantu membunuh bakteri yang dapat merusak gigi ketika tambalannya lepas.

4. Merawat Gigi dengan Sebaik Kemungkinan

Selama belum mendapatkan penanganan dari dokter gigi, detikers Sangat dianjurkan merawat gigi dengan sebaik Kemungkinan. Bila ingin menyikat gigi, sikat dengan lembut di area tambalan gigi yang lepas.

5. Mengunyah dengan Perlahan

Ketika tambalan gigi lepas, bukan berarti detikers tidak boleh makan. Tetap bisa kok, tapi hindari mengunyah di area gigi yang tambalannya lepas. Ditambah lagi, usahakan kunyah makanan secara perlahan Sampai sekarang lembut.

Apakah Bahaya Bila Tambalan Gigi yang Lepas Dibiarkan?

Sebagian orang Kemungkinan tak punya waktu untuk memperbaiki tambalan gigi yang lepas. Padahal Bila dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah.

Sebab, bakteri dan sisa-sisa makanan dapat menempel di area tambalan gigi yang terbuka. Nah, bakteri tersebut lama-lama bisa memicu pembusukan pada gigi.

Ditambah lagi, tambalan gigi yang lepas Bahkan dapat menampilkan dentin, Dengan kata lain lapisan kedua gigi di bawah enamel. Dianjurkan diingat, dentin lebih lembut daripada enamel dan rentan terjadi pembusukan. Dentin yang terus terbuka Bahkan bisa menjadi sangat sensitif.

Dikarenakan oleh itu, Bila tambalan gigi lepas Sangat dianjurkan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Kalau dokter gigi tidak bisa ditemui dalam waktu dekat, kamu bisa meminta rekomendasi dokter yang tersedia Supaya bisa segera ditangani.

Tips Mengatasi Gigi yang Sakit karena Tambalan Lepas

Terkadang, kamu Sangat dianjurkan menunggu sekitar satu atau dua hari untuk bisa bertemu dokter gigi. Bila dalam waktu tersebut kamu merasakan sakit, berikut Sebanyaknya Tips untuk mengatasinya:

  • Konsumsi Medis antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas, seperti ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak.
  • Mengoleskan minyak cengkeh di bagian gigi dan gusi yang terbuka. Bisa Bahkan memakai cengkeh utuh.
  • Pakai kompres dingin atau kompres es selama 15-20 menit di sekitar area gigi yang terbuka.

Usia Pakai Tambalan Gigi

Sebagai informasi, masa pakai tambalan gigi dapat tergantung dari bahan yang digunakan. Tak hanya itu, kebersihan gigi Bahkan berpengaruh terhadap usia pakai tambalan gigi.

Bila kamu rajin merawat dan membersihkan gigi, serta rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, kemungkinan besar tambalan gigi dapat bertahan lebih lama.

Secara umum, berikut usia pakai tambalan gigi sesuai bahan yang digunakan:

  • Tambalan amalgam: sekitar 5 Sampai sekarang 25 tahun
  • Tambalan komposit: sekitar 5 Sampai sekarang 15 tahun
  • Tambalan Emas: sekitar 15 Sampai sekarang 30 tahun.

Itu Ia beberapa Tips yang Sangat dianjurkan dilakukan bila tambalan gigi lepas. Semoga artikel ini dapat Membantu detikers.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Tambalan Gigi Lepas? Jangan Panik, Ini yang Sangat dianjurkan Dilakukan!