Tamu VIP 17 Agustus di IKN Wajib Pakai Mobil Listrik

Tamu VIP 17 Agustus di IKN Wajib Pakai Mobil Listrik


Pembantu Presiden Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan tamu VIP pada perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN Wajib menggunakan Mobil Listrik atau EV.

“Untuk tamu-tamu VIP dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN kita haruskan menggunakan Kendaraan Pribadi listrik atau electric vehicle (EV),” ujar Budi Karya di Semarang, Minggu (16/6), disitat dari Antara.

“Kita nanti Nanti akan lakukan simulasi apakah setiap duta besar negara-negara sahabat diberikan satu Kendaraan Pribadi listrik atau apakah menggunakan Kendaraan Bus listrik ini merupakan domain dari Kementerian Sekretariat Negara (Sekretariat Negara),” kata Ia lagi.

Menhub Bahkan menyatakan IKN memiliki fasilitas transportasi dari luar yang dioperasikan oleh operator swasta.

“Saya belum tahu karena hal tersebut merupakan domain dari Sekretariat Negara untuk melakukannya. Tapi yang Jelas angkutan darat di IKN ini terbagi menjadi beberapa fungsi. Pertama Merupakan fungsi dari luar terutama dari Balikpapan ke IKN, kita memiliki fasilitas ride and park dan dari situ kita keliling dengan menggunakan Kendaraan Bus atau Kendaraan Pribadi yang disediakan atau dimiliki oleh para operator swasta untuk Ke arah tempat-tempat akhir,” tambahnya.

IKN Menyediakan Kendaraan Bus listrik yang beroperasi di rute-rute melintasi Tempat strategis.

“Tetapi Bahkan untuk operator swasta ada Blue Bird, Gojek dan lainnya di mana mereka Nanti akan mengisi ruang-ruang komersil yang digunakan secara individu,” tutur Budi Karya.

Mengenai layanan Kendaraan Bus listrik, Kemenhub Sebelumnya melakukan kajian perencanaan teknis Bus di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap 1 dengan mengusulkan tiga rute trayek.

Ketiga rute tersebut Merupakan; rute Park & Ride ke Masjid Raya dengan total kebutuhan 13 Kendaraan Bus medium; rute Park & Ride ke Botanical Garden dengan total kebutuhan 7 Kendaraan Bus medium; dan rute Park & Ride 1 ke Park & Ride 2 dengan total kebutuhan 21 Kendaraan Bus medium.

Sementara itu, Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Baru saja merencanakan kerjasama dengan Bluebird untuk Menyediakan layanan bud di dalam IKN atau KIPP tahap 1, termasuk pada pengadaan Kendaraan Bus listrik dan perencanaan operasionalnya.

Untuk 2025, anggaran Buy the Service (BTS) Sebelumnya diajukan untuk Menyediakan rute di IKN. Rencana rute Nanti akan disesuaikan dengan pengembangan persil tanah yang Sebelumnya dibangun, sementara jumlah armada yang dibutuhkan masih menunggu kajian dan review dari tim OIKN.

Kemenhub Nanti akan Menyediakan dukungan terkait transportasi untuk memperingati HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024.

(bil/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Tamu VIP 17 Agustus di IKN Wajib Pakai Mobil Listrik