Tempat Terpanas di Bumi Kian Mendidih, Sempat Tembus 54 Derajat C

Tempat Terpanas di Bumi Kian Mendidih, Sempat Tembus 54 Derajat C


Jakarta, CNN Indonesia

Salah satu tempat terpanas di Bumi menjadi semakin panas Sampai saat ini suhu rata-rata menembus 40,3 derajat Celcius dalam 24 jam terakhir.

Tempat terpanas di Bumi itu terletak di Taman Nasional Death Valley, California, Amerika Serikat (AS). Wilayah itu mengalami suhu terpanas sepanjang Juni-Agustus yang pernah tercatat.

Death Valley berada di titik terendah Amerika Utara, tempat Cekungan Badwater berada di kedalaman 86 meter di bawah permukaan laut dan ditutupi dataran garam.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tempat itu menyebabkan suhu yang sangat panas. Udara panas tidak dapat naik melewati pegunungan tinggi yang curam di sekitar area tersebut, dan terperangkap di lembah yang sangat rendah.

Menurut siaran resmi National Park Service (NPS), suhu panas yang berkelanjutan itu melampau Catatan Unggul lama 40,1 derajat Celcius pada 2018 dan 2021 lalu.

Bulan Juli menciptakan atmosfer seperti oven ketika stasiun cuaca di Furnace Creek, California mencatat bulan terpanas yang pernah ada.

Taman tersebut mengalami suhu panas selama sembilan hari berturut-turut. Beberapa kali tercatat suhu di sana mencapai 51,7 derajat Celcius atau lebih tinggi.

Pada musim panas ini, suhu tertinggi tercatat pada 7 Juli lalu dengan kisaran 54 derajat Celcius.

Suhu panas tak hanya terjadi pada siang hari, tapi Bahkan malam. Suhu terendah rata-rata di malam hari mencapai 33,3 derajat Celcius. Artinya, tak banyak perubahan suhu berarti saat matahari terbenam.

“Suhu turun di bawah 26 derajat Celcius hanya terjadi lima kali, dari 1 Juni Sampai saat ini 31 Agustus, dan ada sembilan hari ketika suhu rendah di malam hari tidak pernah turun di bawah 37 derajat Celcius,” kata rilis tersebut, melansir CNN.




Area Taman Nasional Death Valley, California, AS sempat mencapai suhu 54 derajat Celcius pada Juli lalu. (Getty Images via AFP/MARIO TAMA)

Petugas Taman Nasional Death Valley Bahkan Sudah diminta untuk menangani Sebanyaknya insiden terkait suhu panas itu, termasuk di antaranya dua kematian yang disebabkan oleh cuaca ekstrem.

Dalam insiden lain, seorang pria Dianjurkan diselamatkan dari bukit pasir setelah kehilangan sandal dan mengalami luka bakar di kakinya yang terbuka.

Pihak pengelola taman mengatakan, suhu di atas 37 derajat Celcius ini Akan segera bertahan Sampai saat ini awal Oktober 2024. CNN Weather memperkirakan suhu tertinggi pada hari Sabtu (7/9) di Death Valley Merupakan 47 derajat Celcius.

“Pengunjung diimbau untuk tetap berjalan kaki dalam jarak 10 menit dari kendaraan ber-AC, minum banyak air, makan camilan asin, serta mengenakan topi dan tabir surya,” lanjut keterangan resmi NPS.

(can/asr)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Tempat Terpanas di Bumi Kian Mendidih, Sempat Tembus 54 Derajat C