Terganggu Cidera Hamstring Saat Lari Jarak Jauh? Begini Mencegahnya

Terganggu Cidera Hamstring Saat Lari Jarak Jauh? Begini Mencegahnya


Jakarta

Cidera hamstring atau tertariknya otot paha bagian belakang kerap dialami oleh para Olahragawan. Meski lebih sering terjadi pada Gerakan yang sifatnya eksplosif seperti sepakbola dan Basket, tidak menutup kemungkinan Cidera ini terjadi Bahkan saat latihan untuk lari jarak jauh.

Saat mengalami Cidera hamstring, Nanti akan timbul sensasi otot tertarik di paham bagian belakang dan ini Tidak mungkin tidak Nanti akan mengganggu seseorang untuk berjalan atau beraktivitas.

Spesialis bedah orthopedi dan traumatologi dr Langga Sintong, SpOT (K) dari Siloam Hospital Mampang mengatakan untuk mengurangi risiko terjadinya Cidera hamstring ini diperlukan penguatan otot dan itu Yang paling menarik.


“Tidak mungkin tidak saja strength training Yang paling menarik, untuk mencegah injury (hamstring). Pertama kita Harus kuatkan ototnya,” ujar dr Langga saat dihubungi detikcom, Jumat (14/6/2024).

Ditambah lagi, lanjut dr Langga, Merupakan dengan melakukan peregangan atau pemanasan yang baik sebelum berolahraga. Hal ini bisa Membantu seseorang mengurangi risiko terkena Cidera hamstring.



ADVERTISEMENT

“Kemudian melakukan peregangan atau stretching yang baik (sebelum Gerakan),” lanjutnya.

dr Langga melanjutkan yang tak kalah pentingnya Merupakan dengan mengukur intensitas latihan, jangan sampai melakukannya secara berlebihan. Lalu, Menyajikan waktu kepada tubuh untuk beristirahat yang cukup.

“Terus hindari overtrained dan rest (istirahat) yang cukup,” tutupnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Terganggu Cidera Hamstring Saat Lari Jarak Jauh? Begini Mencegahnya