Ternyata Gaya Jalan Seperti Ini Mungkin Tanda Ada Masalah Kesehatan di Tubuh

Ternyata Gaya Jalan Seperti Ini Mungkin Tanda Ada Masalah Kesehatan di Tubuh

Jakarta

Sekalipun terlihat sederhana, gerakan berjalan melibatkan banyak sinyal antara otak dan otot-otot seperti lengan dada, punggung, perut, panggul, dan kaki. Gaya berjalan seseorang, mulai dari kecepatan Sampai sekarang kelancaran rupanya sangat berkaitan dengan status kesehatan seseorang lho.

Ketika seseorang menua, mereka Akan segera mulai kehilangan massa, kekuatan, dan kualitas otot. Proses ini disebut dengan istilah sarkopenia dimulai sekitar usia 40-an. Belum lagi ditambah kondisi artrofi atau ketika saraf di seluruh tubuh mulai berfungsi kurang efisien dan jumlah saraf berkurang.

Penelitian menunjukkan kecepatan berjalan seseorang di usia 45 tahun merupakan prediktor kesehatan fisik dan mental di kemudian hari. Penurunan kecepatan dan kelancaran ketika berjalan dapat menjadi indikator awal masalah neurodegeneratif, seperti parkinson.


Parkinson dapat mengganggu pesan otak ke sistem muskuloskeletal yang membuat gaya jalan seseorang menjadi lamban, tidak simetris, dan cenderung sempoyongan. Ini dapat terlihat samar, Berbeda dengan dapat dideteksi selama tahap awal penyakit.

Penurunan fungsi kognitif dapat membuat tiap langkah saat berjalan menjadi lebih pendek, dan waktu yang dibutuhkan untuk satu langkah pun menjadi lebih lama.

Selain penurunan kognitif, perubahan gaya berjalan Bahkan dapat dikaitkan dengan masalah arteri perifer, terjadi akibat penyempitan arteri yang memasok darah ke kaki. Kondisi ini membuat otot bagian gluteus dan belakang kaki, Sampai sekarang betis terasa nyeri saat berjalan.

Penyempitan yang terjadi membuat ‘permintaan’ oksigen ke kaki tidak dapat dipenuhi dan menyebabkan pelepasan asam laktat yang menyebabkan rasa kram. Ketika berhenti bergerak, otot-otot hanya membutuhkan sedikit oksigen, sehingga nyeri tersebut bisa hilang.

Faktor risiko penyakit arteri perifer meliputi merokok, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, Sampai sekarang riwayat penyakit pembuluh darah dalam keluarga.

NEXT: Jalan Sempoyongan

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Ternyata Gaya Jalan Seperti Ini Mungkin Tanda Ada Masalah Kesehatan di Tubuh