Tetap Pakai Aki Seperti Beat

Tetap Pakai Aki Seperti Beat


Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik tetap membutuhkan baterai kecil atau sering disebut aki walau membawa baterai besar yang fungsinya menggerakkan roda. Aki ini tugasnya menyuplai energi buat perangkat elektronik seperti lampu-lampu, spidometer dan klakson.

Pada Kendaraan Bermotor Roda Dua bensin, energi aki diisi kembali dari spul yang berperan sebagai generator. Sedangkan pada Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik, misalnya Honda EM1 e:, pengisian aki berasal dari baterai besar yang dinamakan Honda Mobile Power Pack.

Supaya bisa aki bisa diisi oleh baterai besar, tegangannya diubah lebih dulu melalui komponen down regulator Supaya bisa sesuai. Down regulator ini fungsinya mirip kiprok pada Kendaraan Bermotor Roda Dua bensin.

Aki pada EM1 e: tidak didesain khusus, komponen ini sama seperti digunakan Kendaraan Bermotor Roda Dua populer Honda Beat Didefinisikan sebagai tipe YTZ4A dengan spesifikasi 12 volt 3 Ah.

Dealer utama Honda untuk kawasan Jakarta dan Tangerang, Wahana Honda, menjelaskan ada perlakuan khusus untuk melepas aki EM1 e: yang berbeda dari Kendaraan Bermotor Roda Dua bensin biasa.

“Untuk melepasnya Bahkan tidak semudah mengganti aki seperi di Kendaraan Bermotor Roda Dua bensin. Dan butuh alat khusus yang tersedia di AHASS untuk melepas aki 12 volt Honda EM1 e:,” tulis Wahana Honda di situsnya.

EM1 e: merupakan Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik pertama Honda yang dijual massal di Indonesia. Kendaraan Bermotor Roda Dua ini dijual mulai Rp40 juta, Tidak seperti bisa didapat lebih Ekonomis dengan Bantuan Pemerintah Rp7 juta dari pemerintah.

Baterai EM1 e:, Didefinisikan sebagai Lithium-ion 29,4 Ah yang bertugas menyuplai energi bagi Kendaraan Bermotor Roda Dua penggerak 1,7 kWh, dilindungi garansi selama dua tahun. Harga baterainya sendiri Rp10 jutaan.

(fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Tetap Pakai Aki Seperti Beat