Tips Hindari Gagal Paham Trik Mengerem Kendaraan Bermotor Roda Dua

Tips Hindari Gagal Paham Trik Mengerem Kendaraan Bermotor Roda Dua


Selain Sangat dianjurkan memahami caranya ngegas saat mengendarai sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua, Anda Bahkan Dianjurkan mengerti bagaimana mengerem. Gagal paham soal pengereman dapat menyulut kecelakaan lantaran momen krusial ini cuma Sangat dianjurkan sepersekian detik buat menyelamatkan Anda.

Di Indonesia Di waktu ini Bahkan human error merupakan Dalang utama kecelakaan Kendaraan Bermotor Roda Dua. Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangan resminya menjelaskan bahwa Korps Lalu Lintas Kepolisian (Korlantas) menunjukkan data 76 persen Tindak Kejahatan kecelakaan di Indonesia melibatkan sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua.

Dalang tertinggi kecelakaan karena gagal menjaga jarak Handal dan kecerobohan ketika berkendara, termasuk mengabaikan etika dan peraturan berkendara.

Supaya bisa mengurangi risiko kecelakaan, SIS memberi tips pengereman secara Handal:

1. Posisi Kendaraan Bermotor Roda Dua tetap lurus saat pengereman

Ketika berkendara, postur berkendara yang tepat Merupakan duduk tegak dan rileks, serta kedua tangan memegang kendali setang kemudi dengan siku sedikit dibengkokkan Supaya bisa mempunyai kontrol lebih saat mengendalikan Kendaraan Bermotor Roda Dua.

Ketika berada pada situasi tidak terduga dan diperlukan pengereman, jaga arah roda Kendaraan Bermotor Roda Dua tetap lurus dan keseimbangan terjaga serta memastikan traksi ban tetap maksimal saat pengereman.

2. Jangan panik dan terapkan teknik pengereman berkala

Ketika situasi darurat, Sangat dianjurkan diingat pengereman Dianjurkan dilakukan bertahap. Misalnya, menarik tuas rem depan disusul tuas rem belakang secara bertahap dan interval konstan Supaya bisa kecepatan Kendaraan Bermotor Roda Dua menurun bertahap tanpa mengunci roda atau menghindari kampas rem menjadi panas.

3. Ketahui interval waktu mengambil keputusan di jalan

Anda bakal punya waktu lebih banyak untuk mengambil keputusan ketika ideal menjaga jarak dengan kendaraan lain.

Umumnya jarak pandang mata normal sejauh 30 meter. Jarak tersebut Merupakan ukuran ideal Supaya bisa punya waktu mendeteksi, memprediksi dan mengambil keputusan ketika menghadapi tantangan saat berkendara.

Saat kondisi jalan normal, seseorang dapat merespon kondisi mulai dari menangkap sinyal Sampai saat ini melakukan pengereman dalam waktu lebih Mudah dibandingkan kondisi tidak terduga.

4. Sadar kondisi sekitar dan jaga jarak Handal

Menurut TMC Polda metro Jaya, semakin rendah kecepatan berkendara semakin kecil jarak yang Dianjurkan diterapkan, begitu Bertolak belakang dengan. Misalnya kecepatan 30 km per jam maka jarak Handal Merupakan 30 meter, sedangkan kecepatan 80km per jam jarak Handal Merupakan 80 meter.

5. Pastikan kondisi tubuh prima

Kegagalan merespons bahaya di jalan bisa disebabkan kondisi pengendara kelelahan. Supaya bisa menghindari kelelahan sebelum dan saat perjalanan, sebaiknya pengemudi melindungi diri dari cuaca dengan pakaian yang melindungi dari paparan angin dan matahari langsung.

Hindari berkendara saat larut malam, dan tidak mengonsumsi Resep-obatan yang mempunyai efek samping pada tubuh. Bila pengendara merasa mengantuk disarankan istirahat sejenak.

6. Lakukan pemeriksaan ringan sebelum berkendara

Sebelum melakukan perjalanan, Kendaraan Bermotor Roda Dua yang digunakan pada aktivitas harian Sangat dianjurkan perhatian berkala khususnya pada alat kendali dan ban. Saat awal berkendara lakukan tes pengereman depan dan belakang untuk memastikan tiap rem dapat menghentikan Kendaraan Bermotor Roda Dua dengan baik ketika melaju.

Periksa pula tekanan dan tapak ban setiap minggunya untuk mengantisipasi risiko akibat ban yang Pernah berlangsung berdegradasi kualitas. Pemilik Kendaraan Bermotor Roda Dua Bahkan dianjurkan untuk service berkala motornya pada bengkel resmi.

(bil/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Tips Hindari Gagal Paham Trik Mengerem Kendaraan Bermotor Roda Dua