Tips Ilmiah Cegah Cuaca Ekstrem Serbu World Water Forum Bali

Tips Ilmiah Cegah Cuaca Ekstrem Serbu World Water Forum Bali


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Bali yang menjadi Tempat acara World Water Forum 2024 (WWF) ke-10 yang Dalam proses berlangsung Di waktu ini.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan 6 ton garam ditabur ke awan-awan di wilayah Bali dan sekitarnya untuk mengendalikan cuaca demi kelancaran acara WWF.

Penebaran dilakukan pada langit sekitar wilayah Provinsi Bali bagian Utara, Tengah, dan Timur serta Lombok Utara, NTB untuk menghalau awan potensial hujan dengan tujuan mengantisipasi potensi cuaca ekstrem selama kegiatan WWF ke-10.


“Untuk operasi hari ini (20/5) direncanakan Nanti akan dilakukan penyemaian di areal perairan Bali dan NTB,” ujar Abdul Muhari dalam keterangan pers yang diterima, Senin (20/5).

Ia mengatakan penebaran garam atau NaCl tersebut dilakukan sebanyak dua sorti penerbangan menggunakan pesawat berjenis Cessna Caravan 208B untuk modifikasi cuaca Bali selama gelaran WWF.

Rinciannya, hari pertama 2 ton (2.000 kg) garam, dan hari kedua 4 ton (4.000 kg).

“Adapun operasi TMC ini menargetkan awan potensial seperti pertumbuhan awan Cumulus Congestus yang dapat mencapai area target,” kata Abdul Muhari.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan operasi TMC ini, BNPB bekerja sama dengan Sebanyaknya unsur lain termasuk BMKG dan BRIN.

Menurut prakiraan cuaca BMKG Sampai saat ini Jumat (24/5), wilayah Denpasar dan sekitarnya Diprediksi nihil hujan. Kondisi cuaca diprakirakan cerah, cerah berawan, atau berawan setiap harinya.

World Water Forum ke-10 mengusung tema besar Water for Shared Prosperity. Forum ini Nanti akan menghasilkan deklarasi tingkat Pembantu RI 1 sebagai keluaran utama, yang disertai dengan kompendium atau concrete deliverables

Agenda internasional ini bertujuan untuk Menyajikan pengetahuan tentang penilaian air secara global, tantangan dan solusi konkrit. Dengan begitu, pendalaman isu-isu terkini di berbagai sektor seputar air dapat menghasilkan komitmen politik untuk perbaikan pengelolaan air ke depannya.

(kid)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Tips Ilmiah Cegah Cuaca Ekstrem Serbu World Water Forum Bali