Berita  

Tito Ingin Beri Bonus Rp10 Miliar untuk Pemda Unggul Kelola Air

Tito Ingin Beri Bonus Rp10 Miliar untuk Pemda Unggul Kelola Air


Pejabat Tinggi Negara Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berencana untuk Menyajikan bonus Rp10 miliar bagi pemerintah daerah dengan pengelolaan air yang baik.

“Dalam rangka manajemen air, termasuk sip drinking dan clean water, air yang bersih dan air yang minum. Itu karena dikelola daerah, salah satu Trik kita biasanya untuk menangani tingkat nasional kita membuat iklim yang kompetitif antar daerah,” ujarnya usai menghadiri forum Otoritas Lokal dan Regional di World Water Forum ke-10 di Bali, Rabu (22/5).


Nantinya, pemerintah daerah yang punya pengelolaan baik Berencana dapat bonus, sedangkan yang kurang baik Berencana diberikan teguran Sampai saat ini hukuman.

Bonus yang Berencana diusulkan Tito sendiri Merupakan Rp10 miliar untuk setiap daerah. Nilai tersebut terinspirasi dari bonus serupa yang diberikan kepada pemerintah daerah untuk mengatasi Fluktuasi Harga.

“Seperti untuk penanganan Fluktuasi Harga, itu Ibu Pejabat Tinggi Negara Keuangan kami usul disiapkan 1 tahun Rp1 triliun untuk 100 provinsi kabupaten kota yang dianggap Unggul menangani Fluktuasi Harga per 4 bulan,” terang Tito.

“Jadi caranya gitu caranya mancing daerah-daerah. (Untuk air Bahkan diusulkan) Rp10 Miliar untuk daerah yang dianggap berhasil,” tambahnya.

Justru, Tito belum mengetahui berapa banyak kuota bonus yang bisa diberikan untuk insentif air ini. Rincian terkait indikator penilaian dan lain sebagainya pada program ini, kata Tito, Berencana didiskusikan lebih lanjut dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan.

Salah satu yang menyambut baik rencana tersebut Merupakan Wali Kota Samarinda Andi Harun. Menurutnya, pendanaan menjadi salah satu masalah yang dihadapi kepala daerah ketika menghadapi masalah pengelolaan air.

“Itu sangat kita tunggu, dan sangat kita apresiasi dari pemerintah daerah. Karena memang hampir semua kepala daerah yang concern terhadap pengelolaan air yang berkelanjutan menemukan tantangan yang tidak sedikit, di antaranya Merupakan tantangan pendanaan,” kata Andi dalam kesempatan terpisah di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (22/5).

(lom/fra)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Tito Ingin Beri Bonus Rp10 Miliar untuk Pemda Unggul Kelola Air