Bisnis  

Tol Cimanggis-Cibitung Rampung, Ruas JORR 2 Tersambung

Tol Cimanggis-Cibitung Rampung, Ruas JORR 2 Tersambung


Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways Sebelumnya menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak-Cibitung.

Kementerian PUPR dan BUJT Bahkan Sebelumnya melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) di ruas tol tersebut. Uji laik pada Tol Cimanggis-Cibitung yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ini Sebelumnya dilakukan pada 11-14 Juni 2024.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mengungkapkan pelaksanaan ULF tersebut merupakan rangkaian terakhir sebelum Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak-Cibitung dioperasikan.


“Di mana ULF ini dilakukan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan maupun perlengkapan jalan yang ada di ruas Jalan Tol Sebelumnya sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik,” kata BPJT seperti dikutip dari keterangan resmi, Rabu (26/6).

BPJT menyebut setelah rangkaian ULF dilaksanakan, kemudian dilakukan perbaikan atas hasil pemeriksaan oleh tim ULF. Selanjutnya, Berencana dikeluarkan sertifikat laik fungsi dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, dan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Dengan begitu, jalan tol ini dapat dioperasikan sesuai masa pengoperasiannya oleh BUJT.

Pada pelaksanaan fungsional mudik Lebaran 2024 lalu, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B dibuka fungsional mulai dari Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Cibitung Junction sepanjang 19,65 kilometer (km).

Hal itu dilakukan sebagai dukungan pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 bagi masyarakat.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung terdiri dari 2 seksi yaitu, Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya dan Seksi 2A ruas Jatikarya-Nagrak yang keduanya Saat ini Bahkan Bahkan Sebelumnya beroperasi.

Setelah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, nantinya Berencana tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya Dikenal sebagai, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing.

Selanjutnya, setelah jaringan Jalan Tol JORR 2 seluruhnya terhubung Berencana semakin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang Sebelumnya memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan JORR I.

Ditambah lagi, jalan tol ini Berencana tersambung dengan Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek serta menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang Ke arah Jakarta atau mengarah ke wilayah Bogor.

(mrh/pta)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Tol Cimanggis-Cibitung Rampung, Ruas JORR 2 Tersambung