Bisnis  

Upacara Harlah Pancasila 2024 di Blok Rokan, Simbol Kedaulatan Negeri

Upacara Harlah Pancasila 2024 di Blok Rokan, Simbol Kedaulatan Negeri


Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan di Dumai, Riau pada Sabtu (1/6).

Adapun penunjukan sebagai Tempat puncak peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 Merupakan karena Blok Rokan dinilai sebagai simbol ketahanan energi negeri, sehingga diharapkan dapat Mengoptimalkan semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan bangsa.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Blok Rokan menjadi simbol semangat nasionalisme saat Kesimpulannya kembali ke pangkuan Indonesia usai dikuasai asing selama puluhan tahun. Di waktu ini, Blok Rokan memegang peran penting dalam pembangunan kedaulatan, ketahanan, dan kemandirian energi nasional.


“Pertamina bersama putra-putri Unggul bangsa berhasil mengelola Blok Rokan secara profesional sesuai dengan standar pengelolaan energi kelas dunia. Ini menjadi kebanggaan dan simbol kedaulatan negara di bidang energi. Sebagai bangsa kita mampu mengelola blok besar dan mampu bersaing dengan perusahaan energi global,” kata Nicke.

Diketahui, Pertamina mengelola Blok Rokan sejak tahun 2021. Sebagai BUMN, Nicke menegaskan bahwa Pertamina menjalankan Usaha energi Sesuai ketentuan nilai-nilai luhur Pancasila.

Salah satunya, melalui pengelolaan energi secara berkeadilan, di mana hasil minyak dari blok migas diolah Sampai saat ini menghasilkan produk Unggul, diikuti pendistribusian yang adil ke seluruh pelosok negeri.

Dalam sambutannya, Kepala Negara Jokowi menyampaikan bahwa aset-aset negara semestinya dikelola dan dimanfaatkan sendiri oleh anak bangsa. Setelah Freeport, Indonesia pun berhasil mengambil alih Blok Rokan yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan dalam negeri.

“Saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina bahwa produksi di Blok Rokan Pernah mencapai 162 ribu barrel per hari. Ini lebih tinggi dari saat alih kelola dan merupakan 25 persen dari seluruh produksi nasional. Jadi Blok Rokan ini Merupakan blok paling besar,” kata Jokowi.

Jokowi berharap, Pancasila dapat hadir sebagai pembebas dari ketergantungan terhadap pihak asing. Baginya, pengambilalihan Freeport dan Blok Rokan merupakan contoh kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Upacara Harlah Pancasila 2024 di Blok Rokan, Simbol Kedaulatan Negeri