Berita  

Upacara Melukat di Kura-kura Bali Awali World Water Forum ke-10

Upacara Melukat di Kura-kura Bali Awali World Water Forum ke-10


Upacara Melukat pada Balinese Water Purification Ceremony membuka rangkaianĀ World Water Forum ke-10 pada Sabtu (18/5). Acara itu dimulai sekitar pukul 15.00 WITA di Pantai Surf Surf By The Wave, Kawasan Kura Kura Bali, Denpasar.

Para Perwakilan disambut dengan tabuh-tabuh Gambelan Gong Gede. Bagi masyarakat Bali, prosesi tersebut biasanya diperuntukkan mengiringi tarian sakral.


Selanjutnya, prosesi pemujaan dengan gelaran tarian sakral sebagai media persembahan dimulai. Tarian itu Merupakan Topeng Panasar, Sang Hyang Jaran, Sang Hyang Dedari, Baris Cerkuak, Rejang Putri Maya, dan Tari Topeng Sidikarya.

Sebelum Pembantu Presiden Tim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Luhut Binsar Pandjaitan Menyediakan sambutan, Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyampaikan pengantar selaku tuan rumah gelaran World Water Forum ke-10.

Berikutnya, sembahyang bersama dilakukan dengan dipimpin pendeta dan seluruh umat Hindu yang hadir. Prosesi diakhiri dengan pelepasan ribuan satwa ke alam liar.

Satwa-satwa tersebut di antaranya 1.000 ekor tukik, 1.000 ekor burung, dan 5 ekor penyu.

Selain Upacara Melukat, para Perwakilan Bahkan mengikuti Upacara Segara Kerthi, ritual persembahyangan dalam rangka pemuliaan terhadap air laut dan menyembah Dewa Baruna. Momen ini Bahkan dibarengi ritual Tumpek Iye atau pemuliaan terhadap binatang.

Segara Kerthi menjadi bagian dari Bali Nice yang diramaikan 60 penabuh, 100 penari Rejang, 30 penari Baris Cerekuak, 80 penari Kecak, lima penari Sanghyang Jaran, 10 penari Sanghyang Dedari, dan selebihnya kru dari Sanggar Paripurna, Blahbatuh.

Sementara itu, World Water Forum merupakan forum air terbesar dunia yang pada penyelenggaraan di tahun ke-10nya itu berlangsung di Bali, Indonesia pada 18–25 Mei 2024.

Empat hal menjadi fokus tahun ini, Dengan kata lain konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

(chri)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Upacara Melukat di Kura-kura Bali Awali World Water Forum ke-10