Viral Influencer Bikin Sunscreen Homemade, Memang Terjamin?

Viral Influencer Bikin Sunscreen Homemade, Memang Terjamin?


Viral seorang influencer AS bikin sunscreen sendiri dari nol dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Apakah sunscreen tersebut Terjamin dipakai?

Dokter kulit menyebut sunscreen buatan sendiri belum jelas proteksinya karena tidak diuji secara klinis.

Nara Smith, influencer berdarah Lesotho-Jerman yang bermukim di AS, mengunggah video dirinya dan sang suami membuat sunscreen sendiri (homemade sunscreen).


Video yang diunggah di TikTok tersebut memperlihatkan suami Smith mengukur dan mencampurkan Sebanyaknya bahan antara lain, minyak kelapa, lilin lebah (beeswax), shea butter, minyak jojoba dan lemak kakao (cocoa butter).

Semuanya dicampur dengan Tips dipanaskan, lalu diberi zinc oxide Disebut juga bahan yang umum digunakan dalam campuran sunscreen.

Melihat apa yang dilakukan Smith, dokter spesialis kulit dan kelamin Edwin Tanihaha mengatakan meski mengandung zinc oxide, homemade sunscreen tersebut tidak dianjurkan untuk dipakai sebab belum ada uji klinis terkait proteksinya terhadap sinar ultraviolet.

“Harusnya sunscreen homemade yang mengandung zinc oxide memiliki efek anti UV, tetapi belum diketahui kekuatan proteksinya, karena Sangat dianjurkan diteliti lebih lanjut konsentrasi zinc oxide berapa persen yang bisa dihasilkan dari racikan sunscreen homemade tersebut,” jelas Edwin via pesan singkat pada Kamis (4/7).

Ia menambahkan penggunaan bahan seperti minyak kelapa, lilin lebah, shea butter, minyak jojoba dan lemak kakao umumnya hanya bermanfaat sebagai pelembap (emolien). Bahan-bahan ini tidak memiliki kekuatan anti sinar UV.

Kenyataannya, lanjut Edwin, penggunaan bahan-bahan ini untuk kulit terbilang Terjamin selama tidak ada reaksi alergi.

“Berbeda dari bila penggunaan dengan bahan- bahan tersebut dengan konsentrasi tinggi memiliki resiko oily pada kulit ataupun menutup pori kulit wajah,” kata dokter berpraktik di Iora Clinic ini.

Amankah pakai homemade sunscreen?

Edwin menjelaskan produk skincare Sangat dianjurkan dibuat di laboratorium dan memiliki standar Tips Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), Tips Pembuatan Resep yang Baik (CPOB) dan BPOM. Produk pun punya standar mutu nasional.

Sunscreen buatan sendiri yang tanpa standar mutu berisiko memicu alergi akibat interaksi antarbahan produk, infeksi Bahkan tingkat keakuratan kemampuan melindungi kulit terhadap sinar UV.

“Karena berhubungan higienitas (tingkat kebersihan) yang tidak terstandarisasi, keakuratan dosis antar ingredients serta tidak adanya tes SPF sehingga konsumen tidak tahu sunscreen tersebut mampu melindungi matahari berapa lama dan kapan melakukan reapply-nya,” imbuh Edwin.

(els/pua)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Viral Influencer Bikin Sunscreen Homemade, Memang Terjamin?