Bisnis  

Viral Jadwal Seleksi CPNS Dibuka 24 Juni, Benarkah?

Viral Jadwal Seleksi CPNS Dibuka 24 Juni, Benarkah?


Media sosial tengah diramaikan dengan kabar seleksi kandidat pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 Akan segera dibuka 24 Juni mendatang.

Kabar tersebut salah satunya dibagikan akun TikTok @pejuangcasn. Dalam unggahannya beberapa waktu lalu, akun tersebut membagikan jadwal seleksi CPNS 2024 mulai dari pengumuman seleksi Sampai saat ini penetapan NIP CPNS.

Jadwal pengumuman seleksi disebut Akan segera berlangsung mulai 24 Juni Sampai saat ini 13 Juli. Kemudian disusul jadwal pengumuman pendaftaran pada 29 Juni Sampai saat ini 22 Juli. Lalu, diikuti oleh jadwal tahapan selanjutnya.


Lantas benarkah seleksi CPNS Akan segera dibuka mulaii 24 Juni?

Pembantu Presiden Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pendaftaran seleksi CPNS Akan segera dibuka antara Juni 2024 atau Juli 2024. Justru ia belum merinci kapan tanggal Jelas seleksi dimulai.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN (CPNS) rencananya Akan segera dilaksanakan mulai Juni atau Juli (2024), setelah instansi menerima surat keputusan Menpan RB tentang penetapan kebutuhan formasi atau formasi pegawai ASN,” katanya dalam Konferensi Pers Progres Pengadaan ASN 2024 di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

“Setelah memperoleh surat keputusan menpan RB tentang penetapan kebutuhan formasi instansi pemerintah dan berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi 2024,” sambung Anas.

Seleksi CPNS atau kandidat ASN (CASN) 2024 Akan segera dibuka untuk 1,28 juta orang. Ini dibuka untuk 75 kementerian/lembaga (K/L) dengan formasi 427.850 orang dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174 posisi.

Kemenpan RB menegaskan 1,28 juta formasi itu untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional. Kebutuhan total PNS ada 2,3 juta orang yang rencananya bakal dipenuhi secara bertahap.

(fby/pta)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Viral Jadwal Seleksi CPNS Dibuka 24 Juni, Benarkah?