Bisnis  

Warren Buffet Ungkap Perusahaan Misterius Tempatnya Berinvestasi

Warren Buffet Ungkap Perusahaan Misterius Tempatnya Berinvestasi


Perusahaan milik konglomerat Warren Buffet, Berkshire Hathaway, Pada akhirnya mengungkapkan kepemilikan saham utama di perusahaan asuransi Chubb, sekaligus mengungkap Penanaman Modal yang dirahasiakannya sejak tahun lalu.

Pihak Berkshire mengungkapkan mereka mengakuisisi hampir 26 juta saham Chubb dalam pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) pada Rabu (15/5) silam soal Penanaman Modal kuartal pertama perusahaan.

Melansir CNN Business, nilai Penanaman Modal tersebut mencapai sekitar US$6,7 miliar atau setara Rp107,07 triliun (asumsi kurs Rp15.982 per USD AS).


Perusahaan Buffett Sudah melindungi informasi ini dari pengetahuan publik saat proses pembelian saham tersebut, dengan meminta ‘perlakuan rahasia’ dari SEC dalam pengajuan sebelumnya.

Chubb, sebuah Usaha asuransi yang beroperasi di 54 negara, menjadi berita utama pada Maret lalu setelah perusahaan menjamin obligasi banding Kepala Negara Donald Trump senilai hampir US$92 juta atau Rp1,47 triliun dalam gugatan pencemaran nama baik E Jean Carroll.

Buffett, CEO Berkshire yang terkenal dengan keahlian investasinya, Sudah mengumpulkan banyak sekali investor yang meniru pergerakan portofolionya. Tidak terkecuali saham Berkshire Hathaway di Chubb.

Saham Chubb melonjak lebih dari 8 persen pada perdagangan sesi after-hours pada Rabu (15/5).

Ketertarikan Buffett pada Chubb memang Sebelumnya tidak asing lagi. Pasalnya, perusahaan asuransi Geico, National Indemnity, dan General Re Merupakan anak perusahaan Berkshire Hathaway.

Penanaman Modal di Chubb menggarisbawahi strategi Penanaman Modal Berkshire Hathaway selama beberapa bulan terakhir.

Pada Februari silam, Berkshire mengungkap bahwa mereka menjual 10 juta saham Apple dalam tiga bulan pertama tahun ini, Sekalipun Apple tetap menjadi Penanaman Modal terbesar Berkshire.

Berkshire Bahkan menjual 80 juta saham perusahaan printer HP pada kuartal keempat 2023, mengurangi kepemilikannya sebesar 78 persen.

(del/agt)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Warren Buffet Ungkap Perusahaan Misterius Tempatnya Berinvestasi